Kursus singkat calon ibu di rsia tambak- review

Hi my little boy inside my belly, kemarin mama sama papa ikut acara kursus singkat persiapan calon ibu di RSIA Tambak loh. Mama sama papa sudah ada di RSIA Tambak jam 9 pagi khusus untuk menyerap pengetahuan baru untuk merawat kamu nanti nak.

Ternyata, rumah sakit ini cukup oke loh nak, sayang jauh dari rumah kita. Mama diberi kesempatan lihat2 kamar inap di rumah sakit tersebut. Kamarnya masih baru, bersih, nyaman dan luas. Apalagi kamar vip ke atas. Kekurangannya, parkiran rumah sakit agak susah. Mama sama papa harus parkir di pinggir jalan.

Awalnya, papa kamu sempet kaget dan bete pas tahu kalo mama daftarin papa kamu juga untuk ikut kursus. Papa malu kalo nanti pesertanya bumil semua. Tapi ternyata pas masuk ke dalam, hampir semua ibu-ibu kaya mama ditemenin sama suaminya. Jadilah papa kamu mau ikut.

Rsia tambak ini sering mengadakan kursus kaya gini, nak. Mama kamu aja yang baru tahu..hihihi payah ya nak. Topiknya kali ini adalah laktasi, hypnobirthing, dan gaya sehat selama hamil. Materi diberikan langsung oleh bidan dan dokter dari rsia tambak. Biayanya gak mahal kok, nak cuma 30.000. Sudah termasuk goody bag dan makanan 2x. Mama langsung excited nih.
Kuliah pertama disampaikan oleh bidan eka yang memberi materi tentang manajemen asi. Bidan menekankan mengenai manfaat asi untuk anak bayi kaya kamu, pentingnya IMD dan rooming in atau rawat gabung untuk mensukseskan program IMD. Bidan juga menjelaskan tentang durasi menyusui, posisi menyusui, dan lain-lain. Mama harus percaya diri kalau mama akan punya cukup banyak asi untuk kamu minum nanti. Kalau mama tidak percaya diri, bisa-bisa supply asi mama drop atau bahkan kamu terancam minum sufor. Oh no.. Oh ya nak, lain kali mama akan ajak eyang dan mbak mi untuk ikut kelas asi ini. Supaya eyang dan mbak mi bisa memberikan asip buat kamu saat mama kembali kerja nanti. Ternyata, papa juga dapet banyak ilmu baru loh nak..dia malah paksa-paksa mama untuk nanya ini itu. Sayangnya nak, materi kuliah kurang mendalam.Mama berharap kuliah akan membahas mengenai manajemen laktasi selama mama kembali bekerja nanti dan teknik memerah asi yang baik. Tapi gak papa, mama semangat untuk ikut kuliah asi yang diadakan oleh asosiasi ibu menyusui indonesia bulan depan.

Kuliah kedua mengenai hypnobirthing, yaitu teknik rileksasi untuk menanamkan alam bawah sadar kita agar bisa menikmati proses bersalin nanti. Tujuannya agar mama bisa menyikapi rasa sakit mama saat kontraksi waktu kamu mau keluar nanti. Kita harus sama-sama semangat nak..supaya kamu bisa lahir dengan normal dan selamat dan mama bisa sehat supaya bisa langsung imd kamu. Kuliah diberikan oleh bidan yuni, kita diberikan materi tentang apa itu hyonobirth, manfaat hypnobirth, bahkan praktek langsung teknik pernafasan hypnobirth. Mama belum terlalu bisa, nanti mama pasti akan latihan lagi. Papa juga mau download video belajar hyonobirth supaya mama rajin latihan. Di rs ini ada kelas hyonobirth juga, seharga 300.000 untuk 3x pertemuan. Murah ya nak!

Kelas selanjutnya yaitu gaya sehat untuk ibu hamil, dokter pemberi materinya bener2 lucu nak dan sangat informatif. Mama diajarkan makanan sehat, gaya berpakaian, dan menyetir yg aman selama hamil. Dokter juga menjawab keluhan2 umum selama kehamilan. Alhamdulillah, mama senang dapat semua info ini.

Terakhir, ada kursus memandikan bayi. Walaupun pake boneka sebagai model. Mama diajarkan cara memandikan bayi step by step, cara merawat tali pusar, bahkan memakaikan bedong. Lucu ya nak..ternyata mama banyak belum tahunya..

Oke..kira-kira itu kisah mama hari ini. Semoga bisa membantu mama saat kamu lahir ya nak..

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s