Review bersalin @rsb asih, pangpol.

Dear all, saya mau sharing pengalaman saya bersalin dan rawat inap di asih. Pada dasarnya kita yang berencana melahirkan normal tidak bisa book kamar lebih awal karena due date yang belum pasti tidak seperti pasien yang berencana sesar yang bisa memastikan tanggal persalinannya.

Suami saya disuruh urus book kamar inap setelah saya melakukan cek ctg dan sudah dipastikan bahwa kontraksi saya cukup teratur, sudah ada lendir darah, dan bukaan 1. Tapi ini mungkin berbeda untuk dokter lain, mungkin masih ada dokter yang menyuruh nunggu di rumah dulu. Anyway.. Saya book kamar vip medium. Jenis-jenis kamar di rumah sakit ini bisa dilihat di website asih ya..

Frequently asked question mungkin mecakup hal-hal sbb:

1. Apa kamar di rs ini cukup nyaman?
Nyaman atau tidak sebenarnya sangat subjektif ya. Menurut saya luas kamar agak terlalu sempit untuk ukuran kelas vip. Fasilitas yang disediakan cuma kasur pasien, sofa, matras lipat, tv, lemari, kulkas, dan kamar mandi dalam. Sofa yang disediakan adalah sofa 2 seat, jadi agak nggak nyaman kalau dipakai tidur semalaman. Ruangan cukup bersih, tapi interior kaya laci, meja, lemari sudah ketinggalan jaman dan seharusnya diperbarui. Setiap hari ada petugas yang bersihin kamar, ganti seprai dan bersihin kamar mandi.Kamar mandi cukup bersih. Kita juga diberi toiletries seadanya, sabun ukuran hotel, pasta gigi, dan sikat gigi. Karena halaman depannya taman, kalau sore hari kamar cenderung banyak nyamuk.

2. Fasilitas apa saja yang kita dapat selama menjadi pasien di rs ini?
Baju pasien, baju bayi selama menginap di rs, pampers bayi, pembalut ibu, makan 3 kali sehari, dan saat pulang mendapat goody bag. Tapi yang perlu menjadi catatan adalah semua yang kita pakai pada akhirnya akan muncul di bill pembayaran kaya maternity pad, waslap, kapas bulat buat cebok bayi (buat yang room in sama bayinya), pampers bayi, bahkan sarung tangan karet yang dipakai pas cek bukaan itu bakal diitung sebagai cost juga.  oh ya, goody bag yang isinya termometer, soft cup feeder, buku bayi, dll itu juga bayar nggak gratis. Pasien juga akan mendapat dokter visit dari ahku gizi, laktasi, dan dokter anak. Oh ya, sebelum pulang juga dapet latihan senam nifas dan cara memandikan bayi.

3. Berapa persen penambahan total biaya diluar yg dicantumkan di website? Tergantung tindakan yg Diberikan, makin banyak tindakan, obat, dll maka makin banyak penambahan biayanya. Karena saya tidak diinduksi, penambahan biaya sekitar 1-2 juta. Ingat, harga yang tertera di web bukan harga paket, kalau kita diijinkan pulang oleh dokter dan pulang lbh awal maka bisa lebih murah begitu pula sebaliknya. Penambahan hari inap sama dengan penambahan biaya.

4. Apa rumah sakit ini pro imd?
Jawabannya bisa ya dan tidak tergantung dari ketegasan pasien, kondisi pasien setelah persalinan, kondisi bayi, dan dokter serta bidan atau suster yang terlibat. Saya diberikan kesempatan imd, tapi tidak lama, tidak sampai sejam dan bayi tidak sempat mencapai puting. Saya sendiri juga sudah antara sadar dan tidak sadar setelah persalinan karena keletihan dan kehilangan banyak darah. Kalau kondisi pasien dan bayi memungkinkan, ada baiknya bilang dgn tegas kalau kita masih mau imd.

5. Siapa saja yang boleh menemani selama proses persalinan?
Hanya satu orang. Biasanya suami.

6. Apa boleh room in?
Boleh. Tapi tetap kena biaya ruang bayi. Bayi baru boleh room in setelah 6 jam atau hari ke-2 biasanya. Waktu mandi dimandikan atau akan diobservasi sama dokter anak, bayi akan diambil ke ruang bayi dan diantar kembali untuk room in setelahnya.

7. Apa rumah sakit ini pro asi?
Mudah-mudahan sih begitu, hehehehe tapi ketika anak ada di kamar bayi dan menangis, biasanya ibu diminta ke kamar bayi untuk menyusui. Jadi mudah-mudahan pro asi. Pasien jg tidak mendapat oleh-oleh sufor. Selain itu pasien jg mendapat visit dari konselor laktasi, dan mendapat bimbingan massage payudara, posisi menyusui yg baik, dll. Oh ya,saya suka bgt sama kons. Laktasi dr. Ameta yang open bgt sama pasiennya, dia minta kita catat no telpnya dan kita boleh telepon atau sms dia kapan aja jika ada pertanyaan yang berkaitan dengan menyusui.

8. Susternya jutek2 nggak?
Jawaban standar, ada yg baik dan ramah ada juga yang agak jutek.

9. Makanannya enak gak?
Kebanyakan rasanya standar rumah sakit (kurang garam), tapi makan siangnya lumayan enak. Pilihan lauknya beragam sampai bingung mau makan yang mana.

10. Asuransi?
Kemarin saya gesek pakai kartu sinar mas dari kantor saya, sisanya saya gesek credit card dan reimburse kantor suami. Yeaaay!

11. Sama dokter siapa saat bersalin?
Dokter hasrul biran. Tidak seperti cerita seram orang-orang dimana dokter baru datang di detik detik terakhir, dokter saya sangat siaga dan standby dari siang (padahal saya melahirkan jam 9 malem). Dan dia rutin mengecek keadaan saya dan juga memberi support. Benar-benar puas sama dokter yang satu ini.

12. After servicenya??
Tidak ada kunjungan rs setelah pasien pulang ke rumah. Beberapa perawat menawarkan jasa mandiin bayi sampai puput pusar (100rbu per kedatangan). Tapi percayalah mandiin bayi dan merawat tali pusar tidak seseram yang dibayangkan.

Oke, kira-kira itu review singkat saya ttg rsb asih. Please don’t hestitate to contact me asteria.raissya@gmail.com if you have further question ttg pengalaman bersalin di rsb ini. Glad to share mommy, good luck for the d-day!

Iklan

3 tanggapan untuk “Review bersalin @rsb asih, pangpol.

  1. WASPADA OKNUM PERAWAT / BIDAN bagian ruang bersalin menawarkan harga kendil 500% lebih mahal dari harga resmi yang ditawarkan RSB yaitu Rp30.000,- hati hati jangan sampai termakan jebakan betmen para oknum perawat/bidan tersebut. sebab selisih harga tersebut adalah nominal yang tidak masuk diakal.

    SEBAIKNYA BAWA KENDIL SENDIRI, TOLAK PEMBAYARAN DITEMPAT atau TIDAK USAH PAKAI KENDIL YANG DITAWARKAN OKNUM BAGIAN RUANG BERSALIN

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s