Saya, abses payudara, dan perjuangan memberi ASI.

ASI, ASI, dan ASI. Saya seorang newmom yang memiliki anak saat ini berusia 50 hari. Selagi hamil, saya seorang bumil yang cukup rajin mencari tahu soal ASI dan mengikuti kelas ASI. Intinya saya tidak melahirkan anak dengan ketidaktahuan sama sekali.

Semangat memang rasanya saat pertama kali punya bayi. Pokoknya harus ASI. Saya dan suami sampai menyelipkan hasil kuliah asi saya ke tablet mertua supaya beliau bisa baca dan jadi nenek asi. Intinya saya berjuang supaya suami dan sang eyang bisa support saya kasih ASI.

Rupanya perjalanan saya tidak mulus, puting lecet, payudara bengkak rupanya baru awalnya saja. Ketika saya meraba payudara, ternyata ada tonjolan yang sangat sakit ketika diraba. Hati saya mengatakan ah biasa ini.. Namanya juga lagi menyusui..paling ada yang tersumbat susui aja terus.

Belum sempat saya fokus dengan si tonjolan ini, saya kena demam tinggi hingga 39 derajat celcius disertai meriang. Dokter pertama yang saya temui untuk berobat hanya memberi paracetamol dan suruh tunggu tiga hari, tiga hari kemudian saya ke dokter lain dan dia kira saya tipes, dia kasih antibiotik, dan suruh tunggu 3 hari untuk cek darah. Besoknya, muncul bentol2 di tangan saya dan saya meriang tiap kena dingin. Setiap kena dingin ini pun, bentol2 itu bermunculan. Sayapun didiagnosa kena campak. Saya memutuskan istirahat di rumah saja dan menunggu campaknya sembuh, padahal dokter sudah menyuruh saya dirawat dan stop memberi asi ke bayi saya. Saya waktu itu gak peduli, saya pulang dan tetap menyusui bayi saya.

Lebih dari seminggu, kok penyakit gak sembuh2 ya, panasnya gak hilang, bentol sudah sampai ke muka, mata bengkak, bibir bengkak banget kaya habis dioperasi plastik, kulit telapak tangan dan kaki saya mengelupas semua seperti ular mau ganti kulit. Menyusui rasanya berat karna demam dan gatal2 luar biasa. Waktu bentol sampai ke dada dan bayi nempel dada saya muncul kekhawatiran ia akan tertular. Saya menyerah. Saya memutuskan dirawat di rs. Saya sadar dengan ketidakadaan stok asi berarti saya harus kasih anak saya sufor. Tapi rasanya saat itu saya gak punya pilihan, saya harus secepatnya sembuh karna bayi mulai rewel dengan supply asi di payudara yg mulai drop. Saya melepas anak saya dengan air mata. Pas neneknya beliin dia sufor, hati saya benar2 hancur. Saya merasa gak mampu kasih makan dia (lebay).

Setibanya di rs dan terpapar ac yang dingin, wajah saya langsung bengkak, saya meriang, bentol memenuhi muka, dan saya langsung demam tinggi. Saya diberi infus, pereda demam dan antibiotik via infus. Saya tanya sana sini apakah aman memompa dan memberi minum anak saya dengan asi yang mengandung antibiotik. Konselor laktasi di rsb tempat saya bersalin bilang boleh karena kandungan antibiotik hanya ada sedikit sekali di dalam asi. Di literatur lain mengatakan harus tunggu 6 jam setelah antibiotik habis, baru boleh pompa asi yang akan diberi ke si bayi. Waduh, kalau 6 jam kapan saya bisa pompa? Dikit banget dong yang bisa saya kasih ke anak saya. Sayapun nekat, pompa terus dan kasih ke bayi walau dilarang suster. Tiap malem suami anter asip untuk bayi saya, sehingga bayi saya minum asi dan formula bergantian.

Saya yang idealis ini maunya tiap diminumin asi perah ataupun sufor, susu diberikan pake gelas sloki kecil bukan pakai dot supaya gak bingung puting, tapi mertua bandel kasih pakai dot dengan alasan gak tega ngasih pake gelas sementara anak saya sudah nangis. Suami saya marah sama ibunya dan menjelaskan soal resiko bingung puting. Tapi kelihatannya si ibu tetap bersikeras pada pendiriannya (ilmu asi yang saya share ke tablet beliau kayaknya gak dibaca). Sungguh saya pengen ngejerit. Susah banget cari orang yang bisa kasih support soal konsep asi.

Setelah 3 hari dirawat di kamar isolasi, si dokter jaga bilang kalau saya gak kena campak tapi infeksi bakteri yang memicu reaksi alergi. Si dokter gak bisa jelasin bakteri apa dan dari mana. Sempat saya teringat benjolan di payudara saya, tapi saya gak mau.mengungkapkan ke dokter. Saya sudah pengen cepet2 pulang karena merasa kondisi tubuh sudah membaik dan bentol2 sudah hilang. Kalau saya cerita soal si benjolan pasti urusannya bisa lebih lama lagi. Hari ke 5 saya diperbolehkan pulang setelah suhu tubuh bebas demam.

Setelah sampai rumah, kangen saya sama si kecil sudah tak tertahan. Saya langsung susui dia dan dia nyusu lama banget seperti kangen sama saya. Saya bertekad gak mau mengulangi kebodohan saya dengan tidak menyetok asi, saya mulai rajin pompa. Hasil pompa saya cuma seuprit, bodo amat, berapapun saya simpan. Hasilnya botol asip berisi asi yang jumlahnya bervariasi 30,60,90,100,120 ml. Dengan catatan yang 120ml itu hasil nyicil yah, bukan saya dapatkan dalam sekali pompa. Hasil pompa di payudara kanan yang ada benjolan cuma sedikit dan gak lancar. Benjolan dari hari ke hari semakin sakit dan membengkak lagi. Kulit di sekitar benjolan berwarna merah dan sangat sakit jika teraba. Saya sudah coba massage, kompres air dingin dan hangat bergantian, tetapi benjolan tak kunjung mengempis atau hilang. Saya pun ke dokter bedah. Si dokter memvonis saya mastitis disertai abses, yaitu benjolan disertai nanah di dalamnya. Saya harus usg mamae. Sehabis usg, terlihatlah tonjolan berdiameter sekitar 2cm dan berisi nanah. Keputusan si dokter sudah bulat, saya harus diinsisi alias disayat atau dioperasi dan dibius total. Jujur saya stres dengan kondisi sakit beruntun ini pasca melahirkan. Ingin rasanya lari sebentar dan melupakan semua masalah ini.

Tidak puas sayapun ke dokter kandungan saya untuk mencari second opinion. Beliau menjelaskan bahwa prinsipnya, jika daya tahan tubuh saya bagus maka ketika nanah pecah, nanah bisa diserap oleh tubuh dan hancur oleh sel darah putih, namun jika tidak bisa jadi si benjolan ini mendesak kantung2 susu di sekitarnya dan membuat penyumbatan atau pecah dan timbul benjolan baru. Saran beliau sama, lebih baik insisi. Bismilah, saya memberanikan diri untuk mengambil keputusan untuk melakukan insisi. Saya memastikan ke dokter bedah bahwa saya masih bisa menyusui setelah operasi atau tidak ada kelenjar susu yang terkena dampak proses penyayatan selama operasi dan operasi tidak menimbulkan dampak terhadap supply asi saya.

Tekad saya untuk memberikan asi ekslusif kembali diuji. Setelah operasi, saya harus menjalani rawat inap semalam dan hari selanjutnya baru bisa pulang tengah hari untuk menyelesaikan pembayaran dan administrasi rs. Cukup gak yah stok saya. Saya membuka kulkas dan menghitung stok asi saya. Saya gak yakin bahkan cukup untuk 1 hari dan untuk besoknya lagi sampai saya pulang dari rs. Saya pun menitip pesan sama si mbak untuk nginep dan jaga anak saya (kalo dititip mertua pasti stok asi saya gak akan cukup). Saya berpesan untuk ngasih ASInya sedikit2 dulu, jangan langsung 120ml. Kalau 60 ml sudah membuat dia anteng ya udah. Intinya saya minta tolong supaya stok asinya diirit2. Hehehe. Maaf nak bukan mama pelit, tapi daripada kamu minum sufor.

Di rs saya menggiatkan aktivitas pompa beberapa jam sekali dan taro di icebag yang sudah dikasih icegel dan batu es. Saya bahkan coba minum sedikit asinya untuk memastikan rasa asi saya tidak aneh dan layak minum. Saat ada kesempatan suami pulang antar hasil perahan. Alhamdulilah, si mbak pinter irit2 asinya. Intinya asi saya cukup sampai saya pulang.

Setelah operasi perjuangan saya belum selesai. Prinsip insisi ini adalah sayatan yang dibuat tidak dijahit kembali melainkam dibiarkan terbuka dan ditutup kain kasa. Jika penasaran sayarannya seperti apa, bayangkan sebuah lubang (bukan robekan atau goresan) di atas dada anda dimana anda bisa mengintip ke dalamnya dan melihat daging di dalam lubang tsb. Oh my god!. Lagi-lagi si dokter bedah larang saya menyusui sampai luka tsb menutup sendiri dengan sempurna. Oh no! Pasalnya bayi saya ini sering tidak puas minum hanya dari satu payudara alias masih haus. Saya pun mencari literatur lagi (rata2 literatur pusat studi asi atau organisasi asi negara lain). Begitu menemukan teori yang mengemukakan bahwa asi harus diberikan selama proses penyembuhan insisi, saya langsung tancep nyusuin bayi saya di payudara kanan dan tetap pompa payudara tsb. Sampai saat saya menulis post ini, saya masih berjuang memberikan asi selama proses recovery abses. Saya tahu perjuangan saya masih panjang karena harus nyetok asi lagi dari awal untuk bekerja nanti (udah mepet nih). Tapi saya yakin, dengan keyakinan saya pasti bisa melewati ini semua dan mencukupi gizi si kecil dengan asi ekslusif. Semangat!

69 tanggapan untuk “Saya, abses payudara, dan perjuangan memberi ASI.

  1. Salut mba sama mba yg berjuang demi memberika ASI yg terbaik buat bayi. Saya jg dpt pengalaman bagus bgt dr cerita mba, kebetulan saya mengalami hal yg sama dgn mba baru akan manjalani proses insisi, td nya saya takut banget kl boleh tanya setelah insisi brp hari nyeri nya terasa dan apakah skrg sdh sembuh? Adakah masalah setelah dilakukan insisi?

    1. Sakitnya hilang begitu dikasih obat penahan rasa sakit setelah operasi. Saat bangun operasi terasa sakit banget. Setelah operasi, sakitnya juga pas kain kassa yang disumbat harus dikeluarkan. Juga pas kontrol dan ditekan2 pakai cotton bud besar yang diolesi betadin. Intinya baru sakit kalau dipegang dalamnya mba. Kalau cuma dibersihkan dan diganti sehari2 kasanya gak sakit kok. Lubangnya sekitar 2 mingguan baru nutup. Masalahnya bagian kulit yang menutup sendiri itu agak mengeras mbak, jadi kalau mau marmet atau perah pakai tangan agak susah. Semangat ya mbak, paling nggak setelah insisi bisa kasih asi lagi ke anak. I’ve been there. At least kita berusaha yang terbaik.

      1. Mba … boleh minta contact number? Sy sdh insisi tp msh muncul berbagai masalah. Bingung mau share dg siapa. Mungkin bs wa saya di 081703280814. Tq mba

  2. Mbak,, saya baru aja ops insisi, ngeri jg ngliat drain yg nongol dan lubang stlh drainnya dilepas. Apa lubangnya bs kering mbak? Krn punyaku basah trus n msh ngluarin nanah dr lubang. Kpn mulai nyusuin lg stlh ops mbak? Gmn nyusuin dgn lubang yg berair? Thx

    1. Lubang aku kering. Lukanya basah, tp gak ada cairan atau nanah yg keluar dari lubang. Krna ketutup perban, aku bisa langsung nyusuin mba.. nutup banget itu sekitar 2 minggu lewat dikit. Kalau gak bisa disusuin usahakan aja dipompa dgn posisi sedemikian rupa..takutnya kalau gak dikeluarin sama sekali tambah bengkak. Semangat mbak, pasti rapat lagi kok.

  3. Mba saya Alhamdulillah sembuh tanpa operasi, beberapa waktu lalu ketika msih sakit abses saya cari2 tahu ttg operasi insisi yg akan saya jalani, saya wkt itu dijadwalkan operasi insisi tgl 29 oktober krn sblmnya wkt dokter blg abses dikasih antibiotik, anti nyeri dan anti radang seminggu stlh minum obat kembali ke dokter blm ada perubahan malahan makin meraah PD kiri sy, segala upaya sy pikirin gmn cara biar ga operasi cari2 info di internet, sy teringat propolis (sy pakai yg dr Melia) sya minum 10-20 tetes dan saya olesi di bagian yg meraah dan bengkak serta sy tetesi diujung puting, pas ditetesi diujung puting berasa nyutt gitu mgkn itu propolis yg sy tetesi sdg meresap kedalam melalui puting Alhamdulillah sy ke dokter lagi kata dokter ga perlu operasi krn diperiksa sm dokter dipencet2 jg udah ga sakit bearti udah ga ada nanahnya, memang sy pernah baca diinternet jg nanah tersebut bisa diserap sama tubuh, mnrt sy dibantu juga dgn propolis katanya sih propolis antibiotik alami, sy ga blg dokter minum propolis. pokoknya. Kt dokter ga perlu operasi udah seneng banget saya, kt dokter bearti antibiotiknya tembus ke bagian yg terserang bakteri penyebab abses itu, mengenai yg bengkak/benjol kt dokter lama2 akan hilang sendiri, ternyata Alhamdulillah betul sekarang bengkaknya tinggal dikit banget anak sy sdh mau nyedot dimana sblmnya ga mau krn memang sy cobain asi saya rada asin(wkt masih abses) skrg sdh manis lagi

      1. Saat ini aku jg lgi abses ni kata dr kandungan aku. Rencana mau bedah tpi takut. Udah parah ni kulit payudara kayak melepuh macam mau pecah gitu… Selama ini aku terus nyusui meski babyx kadang gak mau minum tpi klo udh lapar ditancap jg. Sekarang bengkakx udah sampe keputing asix udah susah kluar ksian babyx nangis terus krn gak kenyang dengan minum 1 ja. Msih bisa gak ya klo aku coba propolis?

      2. Dear selvin, aku juga bingung dan merasa no option ketika ambil keputusan untuk insisi. Insisi itu jalan pintas menuju hilangnya rasa sakit. Aku sendiri gak tau tanpa operasi itu pure bakal hilang dengan sendirinya atau tidak. Dokterku bilang kalau imun kita kuat, harusnya sel imun akan melawan abses itu sendiri sampai terurai kembali. Hanya saja kalau didiamkan atau konsumsi propolis aku gak tau proses alaminya utk sembuh berapa lama. Sementara kita sudah merasa sakit yang teramat sangat. Hanya saja, after insisi bekas sayatanku berbekas timbul gitu.. mungkin bisa jadi pertimbangan.

      3. dear mam yang senasib kena abses (maaf lebay), baru baca2 blog ini. saya kemarin 1okt’15 menjalani operasi insisi juga untuk mengeluarkan abses. tidak tahu persis penyebab abses saya ini karena luka diputing saya juga mungkin manajemen pompa asi saya yang gak bener. baru tahu juga dari blog ini klo propolis bisa mengobati abses sebagai antibiotik. tapi berhubung sebelum saya tahu klo positif abses, diagnosa dokter sebelumnya hanya mastitis. suruh ngeluarkan asi nya terus. tapi sudah saya coba berkali-kali dengan kompres panas, pompa hanya bisa mengeluarkan setetes asi itu pun kadang warna hijau yang kental. akhirnya diperiksa kan ke rs lain ternyata positif abses, segera hari itu juga saya minta untuk operasi insisi. nah setelah operasi baru cari2 informasi proses menyusui setelah operasi ini. share ya mam untuk info cara menyusui setelah proses insisi ini. thx

    1. MBA ika minum propolis nya brp lama? Takaran antara air Dan propolis nya brp? Aku jg didiagnosa abses payudara sy jg mencari cara untuk tdk operasi .

  4. Halo mba..sy kmrn baru di insisi payudara yg kanan, n kata dokter ga bisa nyusuin, karna ada betadine jg yg merembes ke lukanya kn, tp masih bengkak banget, mba gitu juga ya? yg bengkaknya bisa dipompa? karna kata suster di carolus ga bisa pake pompa, sementara kl diperah cuma dapay dikit..gimana ya spy salurannya ga terhambat lagi…thankss

    1. Halo mba..aku waktu baru dioperasi udh gak bengkak.. tp bbrp minggu kemudian muncul grenjel2 lg deket puting. Tp krna aku paksa disusuin, skrg grenjel2 mulai ilang. Satu hal yg aku curigai, kyknya insisi bkn supply asiku drop deh. Krna setelah luka mengering dan menyatu lubangnya, sambungannya seperti berbekas dan keras. Setiap aku pompa dgn breastpump, bagian yg nyambung itu gk mengeluarkan susu, sementara kalau corong breastpump aku pindah kebagian bawah sambungan baru keluar asinya..duuuh..gmn ya jelasinnya..hehehe..

      1. Mba asteria klo boleh tau wkt itu bedah insisinya di RS mana y? Ak didiagnosa abses payudara baby ku skr bru 7bln. Ak mo cari dokter bedah yg pro asi supaya bisa nyusuin baby ku inshaalloh smp S3 trims mba asteria.

  5. Oh gitu ya..kl aku malah bengkak n produksinya lebih banyak dari yg disusuin terus, pdhl harusnya yg disusuin yg banyak produksi ya. Kl dibedahnya deket aerola bisa jadi kurangin produksi susunya ya mba..Yg pasti gmn caranya ga kejadian kaya gini lg ya tu penting bgt..tengs sharingnya mba

    1. Menurut saya spy tdk terjadi lagi abses dan mastitis
      1. Jgn sampai air susu tersumbat kl sd terasa kenceng segera pompa (kl bayi sudah kenyang)

      2. Pengalaman saya kl bepergian jgn lupa bawa pompa asi dan segera dipompa kl sdh terasa penuh PD nya, jk bayi minumnya dikit atau bayi tdk ikut dlm bepergian agar saluran asi tidak tersumbat, krn kl tersumbat dan kemasukann bakteri bahaya bisa abses dan mastitis

      3. Menurut saya kl sdg menyusui jangan pakai BH yg ada kawatnya, kl kita beli BH menyusui yg ada kawatnya dibuang aja kawtnya dg merobek dikit ujungnya trus dibuang deh kawatnya, krn kawatnya mnrt saya bs menghambat aliran air susu, akhirnya menggumpal di dlm jk kemasukan bakteri bs abses dan mastitis

      4. Kl puting kita lecet kita mesti hati2 krn bakteri abses dan mastitis bisa masuk dr puting yg lecet dan jika air susu tersumbat kesenangan deh bakterinya disitu hehe..

      Jd posisi menyusui hrs tepat sepertinya agar puting kita tdk lecet

      5. Kl berasa PD sakit dan badan kita demam lalu meriang buru2 ke dokter spy diberi antibiotik (yg sesuai petunjuk dokter) jgn lupa blg sama dokter kl Kita sdg menyusui agar bs jaga2 agar tidak terjadi abses dan mastitis, sepertinya krn penanganan di awal yg terlambat shg terjadi abses bahkan mastitis

      Itu aja sih kl mnrt saya, pengalaman dulu awal kena abses dan lalu mastitis krn saya pas kena itu kejadiannya hbs bepergian, pakai BH menyusui yg ada kawatnya, saya pun telat mompa ditambah kejadiannya beberapa hari saya mau mens jd komplit deh rasanya hehe…

  6. halo semua.. saya juga mau sharing nih. sudaj empat hari di payudara saya jg terkena abses. pertama saya pikir itu cuma jerawat biasa karena kehebohan pompa pompa asi. hufh.. ternyata lama2 kok agak besar dan ada matanya. saya pun yakin dalam jerawat itu ada nanahnya dan benar saja ada nanahnya. sy msh positiv thingking dan tidak pula lgsg mengadu macam2 kpd suami. tetapi trnyata ada benjolan itu makin besar, saya pun giat pula untuk mengeluarkan nanah tsb. badan sidah panas dingin, lemas, akhirnya sy minta ke suami untuk mengamtar ke bidan. dan di bidan sy diberi antibiotik, obat minum lain2 untuk penurun panas dll. tetapi, ada bgn yg agak panas di atas abses di payudara kiri ya? lanjut, dipayudara kanan saya pun timbul dua jerawat. yaah itu bernanah pula. ya ampun.. sy sempat drop, sedih sekali. sy selalu menangis. di bgn payudara kanan lbh parah ketika sudahbpecah keluar nanahnya tapi bentuknya seperti luka lebar. saya ingin sekali ke dokter di rs untuk berobat. tapi kalau ada opini untuk di insisi. bisakah pakai kartus bpjs? karena dari segi biaya, sy tahu biaya operasi buat sy msh tergolong mahal. atau ada yg bisa beri info untuk obat herbal yg bisa mengobati abses payudara dan luka besar bernanah? kalau berkenan sy sgt berharap diberi tahu soal info tsb. no hp sy: 083804043732. mohon sekali lg ya ibu2 untuk infonya

  7. Sy baru oprasi abses. Waktu ke dokter kandungan dibilang hrs segera oprasi sblm pecah dan nyebar. Waktu itu sy panik jd lgng setuju saja untk insisinya. Skrng sy sbnrnya bertanya tanya apa sdh tepat yg saya lakukan. Ngeri sekali liatnya sebesar lubang tutup botol sprite. Berapa lama ya mbak nutupnya. Dan apa betul bs nutup kembali spt semula biarpun ada bekasnya?

  8. Sy baru oprasi abses. Waktu ke dokter kandungan dibilang hrs segera oprasi sblm pecah dan nyebar. Waktu itu sy panik jd lgng setuju saja untk insisinya. Skrng sy sbnrnya bertanya tanya apa sdh tepat yg saya lakukan. Ngeri sekali liatnya sebesar lubang tutup botol sprite. Berapa lama ya mbak nutupnya. Dan apa betul bs nutup kembali spt semula biarpun ada bekasnya? .

  9. saya juga baru mengalami hal yang Sama jumat kemarin baru saja Operasi.. Sediihh rasanya.. Baca tulisan Mba Aja nangis sendiri.. Anak Mba berapa umurnya skrg? Mau Tanya proses penyembuhan nya gimana Yaa Mba Selain setiap hari diganti kasa yg didalam lubang Sama penutupannya, sampe kondisi lubang itu seperti Apa Sudah dinyatakan sembuh Dan setelah 1bulan menutup sempurna gimana kondisi payudara yg tadinya benjol Dan bagaimana juga dengan asinya? Apa Mba setelah itu berhasil menyusui selama 2th? Terimakasih sebelumnya 🙂

  10. Mbak saya ini ada benjolan d payudara kanan tp tidak bengkak dlu waktu anak saya umur 3 bulan munculnya kata dokter kandungan saya itu bisa hilang sendiri tp sampai anak saya 20 bulan tidak hilang2 bagaiman ya?
    Apa itu termasuk abses?
    Trimksih

  11. Saya baru saja operasi abses 3 minggu lalu,operasi di bawah payudara saya dan lubangnya besar banget,,dan di atas payudara ada abses kecil yg kemudian di insisi dengan operasi kecil,,sekarang bayi ku mau gak mau lebih banyak minum sufor,setok asi gak dapet banyak😢😢,dipaksa nenen di payudara yg satunya suka ngamuk karena asinya kurang banyak,,skrg luka operasi sudah ada dagingnya naik keatas dan saya terinfo dari dokter akan dioperasi untuk dijahit agar lukanya cepat kering dan tertutup kulit,,

  12. Sama mom,saya jg skrg lg ga berdaya di tempat tidur gara2 abses payudara.
    Tapi anehnya setelah insisi,setiap saya duduk,saya merasakan perih yg luar biasa di payudara saya.dan ada yg keras di payudara saya,katanya kelenjar yg terdorong,jd membentuk pembatas abses,tp saya benar2 tdk nyaman.
    Kalau saya dianjurkan untuk benar2 stop ASI dulu dikarenakan katanya mengganggu proses keringnya luka di dalam.
    Saya merasa lelah sekali,,karena setiap hari menahan sakit dan tdk tega mendengar bayi saya menangis terus,karena tdk puas dengan hanya sufor.
    Semoga saya bisa lbh bersemangat agar kelak bisa ksh ASI ekslusif lg u/bayi saya mom

  13. Mba, pke propolisnya brp lama smpe kliatan hasilnya? Diminum stlh pemakaian antibiotik blm mempan kah? Mohon infonya.soale payudara sy jg abses krn menyusui.. dokter maunya dioperasi tp sy uda trauma dioperasi2 muluk 😦 jd brusaha nyari second opinion.. thanks ya

  14. Mbak kalau sudah abis operasi itu bisa program hamil lagi gak…ni anak saya sudah berusia 6 serengah tahun..rencana mau punya dede lagi…tapi kadang trauma mbak ..takut yg dulu2…ini yang anak pertama cuma asi 1 bulan…ditinggal dirawat d rs pulang q kasih puting gak mau soalnya udah kebiasaan pakai putingnya dot…alhasil anak pertama gak pakai Asi exsklusif dek..(nyesel n sedih saya) kalau ingat…ini pertanyaan saya…kalau hamil lagi kira kira waktu menyusui bakal begitu lagi gak ya mbak….soale rada sedikit trauma sih mbak…makasih infonya mbak…

  15. Halo mbaa… aku jg baru insisi 5 hari lalu. Nah dokternya blg dr awal akan selalu tembes. Awalnya ga ngerti. Tp stlah 3 hari oprasi tiba2 oerban basah oleh rembesan warna merah. Agak panik tp dokter blg itu proses penyembuhan dan itu yg kluar obat bercampur asi nya. Mba begitu jg ga? Dan smp kapn ya akan rembes terus? Thanks before

      1. Mbak saya jg hr ini mau menjalani proses insisi, dokter blg utk menyusui tgu luka nya sampai sembuh dl sama ky saran dari dokter ny mbak. Yg mau sya tnyakan, meskipun dokter mbk melarang utk berjenti menyusui dl tp mbak ttp nekat menyusui apakah gk berdampak yg membahayakan utk PD nya ? Trmksh

  16. Mbak, aku jg habis oprasi.. agak ngeri jg lihatnya krn lubangnya besar.. ditepi lubang jd keras mb, jd aku jg susah pompa. Dpompa jg gak kluar asinya. Apa pnya mba keras jg ? Klo iya itu bisa lunak gak mbak?? Mksh sblmnya…

  17. mba sy kena abses.. dokter suru sy oprasi.. tp sy saat ni blm brani mlakukan insisi..apa wkt mba abs oprasi sudah bsa langsung menyusui.. dan luka abs insisi tidak djait.. trm kasih jawabannya

  18. Mba aku jg baru kena abses, waktu ke dokter di kasih anti biotik sm obat anti radang doang. dokternya ga nyaranin di operasi. pas plg dr dokter absesnya ‘meletus’ sendiri. keluar semua itu asi campur nanah yg kuentel bgt. aku kena mastitis sekitar 2mingguan. skrg bekas lukanya bolong gt masih basah dan suka rembes. kalau perawatan bekas lukanya gmn yah mba? soalnya aku ga di kasih tau sm dokternya. makasih

  19. Mba… wkt di insisi sempat di biopsi ga jaringannya?? Dr bedah saya knp melarang melnjutkn menyusui yaa?mlah trs dikasi obat utk stop asi. Tp saya ga mnum itu obatnya. Sdh sblan post saya insisi knp msh terasa asin yaa air susuny?

  20. Saya juga abses waktu baby 2 bln, untungnya kempes sendiri dgn antibiotik 14 hari dan obat cina pian tzi huang. Sekarang baby udah 4 bulan dan udah kedua kali ini benjolannya muncul lagi di deket abses yg dulu..tapi ga sakit dan ga panas. Takuuut bgt kalo sampe harus insisi.. dokter laktasi pernah bilang itu perubahan jaringan, gak apa2 selama ga sakit/panas. Tapi tetep kuatir… sama benjolannya.. amankah dibiarkan aja?

  21. Mbaaa
    Aq skrg lg ngalamin abses payudara
    Tp aq g ad benjolan.awal nya puting aq hanya lecet tp berapa hri d obatin koq luka lecet nya g sembuh2. Besok nya aq demam dan ternyata puting susu aq dah bengkak dan besok2 nya kluar nanah
    Ap mba kyk gtu jgaa,…???
    Skrg ni aq hnya mnum obt pereda nyeri dan d bantu propolis jga
    Ap nanah sdh kluar sdkit demi sdkit ni pertanda dah mw sembuh yaa mbaa
    Soalx untk jalan n ngangkat yg berat aj aq g bsa. Make baju aj g bsa puting susu ku bengkak n sakit bgt mbaa

  22. selamat pagi, Bu Asteria.. saya salah satu mahasiswa kebidanan yang sedang mengadakan penelitian mengenai proses laktasi pasca operasi Abses Payudara. yang ingin saya tanyakan adalah apakah Ibu mengalami kendala selama proses menyusui dengan adanya bekas operasi abses payudara? dan bagaimana cara Ibu menyusui dengan adanya bekas operasi tsb? apakah seperti cara menyusui sebelum operasi? mohon jawaban dan partisipasinya, terima kasih banyak. selama pagi, selamat beraktifitas 🙂

  23. Hallo mbak, saya mau tanya dong. Share sedikit pengalaman saya, saya sudah menjalani insisi 1bln lebih lalu karena abses. Sampai sekarang luka saya belum menutup sempurna krn adanya jaringan kulit yg tumbuh berlebihan. Saya disarankan oleh dokter obgyn saya ke dokter bedah plastik dan saya mengikutinya. Saya disarankan utk laser 4x, sekarang pd saya sudah tdk ada lg jaringan yg tumbuh tinggal menunggu menutup dgn obat salep. Pertanyaan saya mbak, ada beberapa bagian dari ariola pd saya yg masih keras dan saya binggung harus bagaimana supaya dia melemas karena anak saya tdk mau menyusui di pd yang insisi tersebut. Saya pumping 3/4x sehari cuma dpt 10-20ml rasanya sedih bgt dan capek. Anak saya sekarang ditambah sufor krn asi saya tdk cukup. Kapan mbak sudah bs recovery asi nya mbak sampai kembali normal? Mohon advice nya, thanks.

  24. Mbaa Asteria, salam kenal, Saya Listy mbaa..
    Mbaa, udaa sebulanan ini PD saya jugaa seperti itu, ada benjolannya, tapii nggak sampai panas dingin badannya. udah di USG hasilnya mastitis. Kalo mastitis apa penangannya harus di insisi juga mbaa ? soalnya selama sebulan ini Saya uda minum antibiotik sebulan ini tapi benjolannya masih ada 😦

  25. mb asteria..anda hebat ya..walau insisi tp tetap bisa mengelola pikiran sehingga asi msh tetap diproduksi.
    saya pernah di insisi jg thn 2012 bahkan sampai 2x krn muncul abses baru lg.saya tdk bisa memberikan asi krn sdh stres duluan dg drain dan setiap proses pembersihan yg menyakitkan.
    trauma breastfeeding itu msh ada padahal skg saya punya anak ke-2.

    1. Salam kenal mb ….aku nafsul …kmren jg hbs operasi abses ..
      Trus mb e bsa menyusui gak mb ….anak saya sekarang malah jd gak mau meyusu sama saya mb ….
      Klo mau tak mimik i malah nangis keras banget ….

  26. Halo mba, saya terkena mastitis, timbul karena selama 5 bulan putinh saya lecet terus menerus dan saya tetap aktif menyusui langsung. Rupanya mastitis saya terkena dari tongue tie dan lip tie anak saya, saat ini saya masih mengkonsumsi antibiotik hingga 3 hari kedepan dan anak saya pun niatnya akan diinsisi agar kedepannya bisa tetap menyusui langsung tanpa ada yang dirugikan. Yang ingin saya tanyakan, apakah keputusan mba di insisi setelah dicoba mengkonsumsi antibiotik terlebih dahulu?
    Berapa biaya insisi absesnya?
    Apakah di insisi itu dibius total?
    Terimakasih banyak mba atas jawabannya. Semoga kita semua sehat selalu..

  27. Salam kenal.. salut utk perjuanganx mb. Saya br 3 hr yg lalu jg mengalami operasi insisi pd kiri. Luar biasa nyerix mb setelah obat bius (total) hilang. Apakah mb jg disarankan utk mengganti kasa dilubangnya itu setiap 2 hr? Setelah lubang tertutup apakah ada proses jahit dibagian luarx atau menunggu sampai semua tertutup dgn sendirix?
    Saya br kemarin kontrol pertama untuk mengganti kassa didalam lubangx..dannn omg..sakitx smpe teriak2.. gsk bisa bayangkan klo setiap 2 hari hrs begini.. mohon sharingnya para bunda2 terkasih.. semoga kita semua sehat walafiat.

    1. Hai mba, salam kenal
      Iya saya juga ganti kain kassa. Nanti akan menutup sendiri tanpa dijahit lagi. Kassa tidak ditanam lagi didalam lubang mba seperti lepas operasi, melainkan hanya ditaro menutupi lubang aja (gak dimasukin) pake kassa yg waterproof jd bisa dipake mandi. Jadi gak sakit per 2 hari gitu. Semoga jelas yaa..semangat, dan semoga lekas pulih.

  28. Salam kenal yaa mbak .. Tanggal 1 Desember kemarin sy baru aja insisi .. Dan memang, rasanya luar biasa ngilu .. Ini sy baru slesai kontrol ke dokter bedah, dan drain nya sudah diambil .. lukanya memang tidak dijahit .. Yang jagi mewek adalah ketika dokter bilang “stop menyusui, supaya luka cepat kering!” .. Sy dilema, apakah masih aman kl tetap menyusui dgn luka insisi yg msh menganga ini mbak? Proses nya brp lama ya sampai luka benar” nutup? Terima kasih ..

  29. Haiii mba asteria saya baca blog mba tentang abses payudara saya baru 6 hari operaai abses plus baru kontrol tadi aiang untuk buka drain …
    agak syok lihat lubang dipayudara nya ..
    ada obat2 yang dikonsumsi agar cepat kering gak yaa mba ..
    rasanya kok lubang saya besar sekali yaa dan agak ngeri gitu untuk ganti perban nya pagi sore .. apa kalau dipompa tidak mempengaruhi lubang semakin membesar yahh mba?
    masih butuh pencerahan tentang abses payudara nih mbaa
    Terima kasihh

    1. Tidak ada obat khusus mba, hanya betadine saja. Dipompa jika memungkinkan mba. Kebetulan posisi bkas operasi sy masih memungkinkan jika mau dipompa (tertutup perban).ujung corong pompa saya posisikan sedemikian rupa (mepet namun nggak kena luka). semoga lekas sembuh ya.. Semangat menyusui:)

  30. Aalow,bunda asteria.slm kenal,saya niken,ibu 5anak.setelah baca pengalaman bunda,aq salut dalamperjuangan asi bunda pada ananda.meskipun bunda tengah diberikan ujian yg bagiku tampak menakutkan,bunda dpat melaluinya dan membagikan ketegaran+energi positif bagi ibu2yg mungkin baru mengalami jenis penyakit ini.bunda,baru 7hariini,aq merasakan ada benjolan yg mulai membesar setelur ayam,dipd kananku,dan itu nyeri hg bikin menggigil,anakku lebih aktif menyusu di pd kiri,dan setelah ke dokter ada diagnosis mastistis/abses payudara,dan diberi obat utk 7hari+suruh kontrol dan di kembali.aq inginbisa tetep menyusui,dan aq bener2masih takut bila hg dokter menetapkan utk insisi drainase.boleh aq minta tlg (berikan no wa/bbm/fb bunda,)boleh hub via inbok fb ku:niken choel .

      1. Bunda asteria ak ingin tau lebih banyak ttg abses payudara, boleh ngobrol di wa ak bun di 083871320404 trims bun.

  31. Hi Bunda Asteria, saya sudah operasi abses tgl 1 Maret lalu. Awalnya saya kira hanya benjolan biasa karena saya tidak mengalami demam. sudah di massage 1 bulan tidak kempes2, di USG diinfo itu adalah Galactocele. Kemudian ke dokter Onkologi, di suntik dari luar diambil cairannya, di lihat itu adalah nanah dan disuruh operasi. Awalnya shock, dan googling2 kalau abses itu nanti ga ditutup jahitannya ud bikin takut. Akhirnya hari operasi tiba. Mama saya yang menunggu saya operasi sempat melihat abses setelah dikeluarkan, katanya sebesar telur ayam kampung, berarti abses diangkat beserta “kapsulnya”. Sayangnya dokter saya minim informasi. hingga hari ini hari ke 21, bekas jahitan belum menutup rapat, masih suka rembes ASInya. Selain itu meninggalkan “jeglok” di payudara saya, apa mungkin karena diangkat abses sebesar telur itu jadi nya jeglok. Bilamana nanti jahitan sudah rapat, kita sudah boleh massage payudara blum Bun? khan kalau masih ASI, kadang payudara suka ngebet trus suka ada benjolan2 kecil yang perlu di uyek2 gitu. Terima kasih.

    1. Hai bunda channy, salam kenal ya. Kebetulan saya 2 minggu waktu itu sudah menutup. Tp benar2 sempurna dan kering hampir 1 bln. Selama itu, belum pernah asi merembes keluar. IMO, saya rasa karena diambil sebesar itu sih, bunda dan butuh waktu untuk kembali ke bentuk semula. Karena saya bukan ahlinya, sy sangat sarankan konsultasi ke dokter dan konselor laktasi. Silahkan email saya bunda ke asteria.raissya@gmail.com untuk rekomendasi dr asi jika dibutuhkan. Semoga cpt pulih ya.

      1. Dear Bunda Asteria,
        Terima kasih atas reply dan supportnya, noted untuk konsultasi lebih jelas ke dokter dan konselor laktasi nya Nextnya japri ya Bun.

  32. Mba asteria slm kenal sblmnya..perkenalkan aku Erna,aku ibu dr 2 ank,to the point aza ya mbak..
    Oiya..mba,hari senin kmarin aku baru saja menjalani operasi abses di payudara aku sblh kanan..alhmdulillah brjln lancar,dilain sisi agak sedih jg lihat hasilnya..secara PD aku jd bolong..
    Oiya mba yg mau aku tanyakan..stelah operasi itu PD aku koq msh gerenjel2 gitu ya mba..ga kempes bgt..apa wktu itu mba jg begitu?truz luka operasiku ada 2..satu sprti sayatan agak panjang..satu lg sprti lubang..itu membersihkannya bagaimana ya mba..cuci dgn dettol truz ksh betadine lalu tutup dgn perban ato gmna..
    Orng tuaku blang..klo luka basah jgn ditutup..nanti ga akn kering malah makin basah..apa benar mba?
    Mohon bls mba..ini wa aku 0895368667371

    1. Hai mba, salam kenal. Gerenjel2 nya kira2 absesnya msh ada atau kelenjar susu yg penuh krn nggak dipumping/disusuin ya?. Sebaiknya dicek ke dokter. Saya saranin dokter laktasi (bukan dr bedah). Untuk luka, saya pake perban yg waterproof itu pas mandi jadi nggak kena air. Tapi rutin diganti. Obatnya betadine sama gramicyn (salep).

      1. Slmt malam bun☺ iya bun saya mau sharing tgl 24jan2018 saya baru operasi insisi PD yg sblh kanan bun. Td siang baru dicabut drain ny trs dokter nyaranin suruh sapi susu anak nya biar luka ny cpt ngering trs lubang drain ny cpet tertutup. Nah bun kira2 kapan saya boleh menyusui lagi bcoz kalau saya ikut kata dokter suruh nyapi susu anak nya mungkin itu berat bagi saya dan suami sebab itu tetap bertahan beri asi meski luka lama kering nyaa. Iya bun maap sebelum nya saya Aisyah dr cirebon umur 22thn ☺mksh yaa bun.. tolong bun kalau boleh minta dan tdk keberetan minta sharing nya lewat wa 083872121278 bun mksh.

      2. 2-4 minggu jika ingin benar-benar menutup sempuran (ini pengalaman saya). namun karena posisi daerah yg dioperasi agak ke atas, saya masih bisa ngakalin supaya tetap bisa pompa dan menyusui

  33. Mba, saya baru kmrn banget operasi abses, selesai operasi jam setengah 7 mlm, jam 10 mlm udah pulang, tapi di luka bolong saya ga di pasang drain, cuma di jejal pakai perban yg di guyur betadine, trus pagi2nya pas bangun tidur rembes darah ke baju saya. Mba mulai pakai perban waterproof nya sejak operasi hari ke berapa? Dan dalam sehari di bersihkan brp kali?

  34. hai mba. saya juga operasi mastitis. cuma bekas lukanya jadi seperti keloid. sampai sekarang payudara masih bisa nyeri2 gitu. padahal uda setahun lebih operasi lo. kalo bole tau mba masih ada nyeri setelah luka menutup dan ada keloid tidak?

  35. mbk, pasca op abses PD, asi ngalir tp ank gmau minum… knp ya? ada yg pernah ngalamin jg? mohon sharingnya?pdhl pngen bs nyusuin 2-2nyaaa

  36. Mba saya juga habis operasi mastitis,tp saya udah gak menyusui,umur anak udah 5th,lukanya gak dijahit dan ada melengkung dibawah areola kira2 sepertiga areola,itu tampon yg dimasukin kedalam trus ditarik lagi keluar sampe berapa lama mba…mengingat saya operasi di Malaka dan domisili di Padang. Boleh sharing wa mba 085274134321

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s