Bye bye diapers: cerita toilet training Kshatriyan

Sejak beberapa bulan lalu Kshatriyan sudah full tidak pakai pospak baik saat tidur malam dan berpergian. Saat ini usia Kshatriyan 2 tahun 4 bulan. Buat ibu-ibu pekerja macam saya ini prestasi luar biasa, karena harus bisa menjaga balance antara karir dan urusan tumbuh kembang anak, termasuk masalah diapers atau pospak ini.

Kshatriyan waktu bayi full pake pospak siang dan malam. Setelah 1 tahun, saya gati pospaknya dengan training pants. Training pants yang nyaman harganya rada mahal 75rb 2 pieces beli online (hahaha..emak2 pelit). Saya beli setengah lusin awalnya buat siang hari, malam tetap pakai pospak. Pemakaian training pants ini bertujuan untuk memberikan sensasi basah dan rasa tidak nyaman bagi anak agar dia merasa butuh cebok dan ke toilet. Hooo..ini rupanya fungsi toilet. Kira-kira ini yang mau saya tanamkan ke anak.

Lalu, apa pemakaian training pant cukup untuk membuat dia lepas dari diapers?. Tidak. Saya pelan-pelan jejali otaknya dengan cerita seputar toilet training salah satunya dengan memasang gambar seperti ini di pintu toilet.

wp-1477357173429.jpg

Semua gambar saya print dari google dan saya collage. Ini tidak bisa instan, lakukan terus menerus.Atau dengan membacakan dia buku semacam ini sebagai pengantar tidur.

wp-1477357346300.jpg

wp-1477357360029.jpg

Gambar di toilet ini cukup mendapat atensinya dan bertanya “apa ini, mama?”.
Saya langsung menceritakan,”ini adik bayi yang masih kecil, belum bisa jalan ke kamar mandi, dia pakai pampers supaya tidak ngompol”.

“Kalau ngompol?”.Saya tunjukan dia gambar berikutnya

“Ini gambar anak yang pipis di lantai, pipisnya tumpah dan dia menangis..yaaah tumpah deh..mama cebok doong, bau pesing”

Kshatriyan ketawa

Kemudian saya tunjukan gambar berikutnya dan bilang “ini gambar big boy” “big boy ini pintar ya nak, dia pipis di toilet, jadi tidak tumpah ke lantai”

Saya juga punya video potty training lucu buat kshatriyan yang saya donlod dari youtube. Ini linknya saya share:

  1. Princess potty training (ENGLISH): https://youtu.be/vFAXZU8YFsk
  2. Princess Polly’s Potty | Potty Training Video For…: https://youtu.be/KwJ8SFDFEP0

Sejalan dengan bertambahnya umur, saya biarkan dia ngompol di celana, begitu dia terlihat sedang atau sudah telanjur ngompol, saya cepat-cepat gendong dia dan bawa ke kamar mandi dengan muka sok panik “teman-teman minggir, ada yg pipis..cepat2 nanti tumpah” atau “tahan, tahan pipis jangan keluar dulu”. Atau saya gendong dengan membuat sirene ambulance yang menandakan ini adalah masalah urgent dan harus disegerakan.  Terus saya ajarin dia pipis. Karena saya tidak beli potty yang mahal itu..saya ajarkan dia jongkok atau berdiri di wc (kalau berdiri di wc jongkok). Di rumah ada WC duduk dan berdiri. Saya maunya anak saya bisa mahir pakai toilet yang mana saja, supaya kalau nginep pas mudik dia nggak kagok. Pokoknya MR P harus diarahin ke lubang WC.  Take it slowly.. Tahu-tahu dia sudah pintar sendiri kok.

Saat di rumah saya ingat-ingat kapan dia terakhir pipis. Ajak dia pipis setiap beberapa jam sekali atau setelah banyak minum. Kebetulan anak saya doyan banget minum air putih. ” yuk Kshatriyan kita pipis kaya si bigboy”. Terapkan cara ini ke ART atau pengasuh juga ya. Bisa karena biasa. Jangan dipaksa kalau anak bad mood. Kalau dia belum terlalu bisa ngomong/komunikasi coba dulu tahap sugesti gambar dan gendong ke toilet dengan ambulan stye seperti yang saya lakukan.

Now, dia dengan pintarnya bisa bilang ” pipis mama” baik siang, malam hari, atau saat kita sedang ngemol. With zero or sometimes 1 accident. Hehehehe.. Good job, nak!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s