Kshatriyan belajar dari buku bekas (Part 1): edisi edukasi dari rumah

Kshatriyan termasuk anak yang hobi dibacain buku. Kalau lagi mau didongengin biasanya dia bawa buku ke saya sambil bilang “bacain dong ma”. Hahaha. Awalnya saya biasain dia baca buku sambil breastfeeding (daripada emaknya main hape). Lama-lama dia sering membawa bukunya sendiri minta dibacakan. Kebanyakan (hampir semua) buku yang saya beli untuk Kshatriyan adalah buku bekas.

Saya mau kasih review beberapa buku bagus yang bisa membantu anak seumuran anak saya belajar (2 tahun 4 bulan). Maaf sebagian besar fotonya saya ambil dari mbah google karena kualitas kamera hape kurang bagus. Silahkan cekidot:

  1. Buku look and find atau first thing to spot about. Rekomendasi saya adalah Usborne book. Untuk anak yang belum terlalu betah dibacain cerita, coba pilih buku yang ada judul ‘look and find’ atau ‘first thing to spot about’ nya dulu. Buku look and find ini adalah tipe buku yang berisi banyak banget gambar (kecil-kecil) benda-benda dan aktivitas yang beranekaragam (misal di taman bermain, di sekolah, dll). Jadi anak-anak bisa main tunjuk-tunjuk gambar. Buku ini bagus untuk menambah perbendaharaan kata anak. Contoh lots of thing to spot at school, lots of things to spot in the town, dan lots of thing to spot on holiday. However, buku usborne ini rada mahal. Alternatif nya coba deh ubek2 pasar buku bekas. Saya nemu juga buku Toys Story Look and Find yang seperti ini : ini cuma 10ribu hard cover lagi. Yeee…menang banyak.

  2. Buku cerita Big and Small, buku ini beli di pusat buku bekas. Gambarnya eye-catching, kalimatnya singkat dan mudah dipahami. Buku ini lucu banget buat belajar lawan kata. Ini beli di tempat buku bekas juga harganya 10ribu saja.
  3. Buku Sooty’s First Book of Shapes. Ini juga beli di toko buku bekas pasar modern bintaro. Harganya cuma 5 ribu rupiah saja. Buku ini membantu anak mengenal bentuk-bentuk dan aplikasinya di kehidupan seperti roda ban yang berbentuk lingkaran, segitiga pada topi penyihir atau potongan pizza, dll.sootysimg_20161031_205838.jpg
  4. Buku  flip and find Doctors by Samantha Meredith dengan Publishernya Campbel. Buku ini bisa dibolak balik jadi halaman besar banget. Jadi banyak surprisenya. Bagus karena bisa mengajarkan anak untuk bersabar saat ngantri di dokter, tidak takut disuntik, tidak takut minum obat, apa itu apotik, dll. Ini beli online.Harganya lumayan mahal:(
  5. Buku tentang emosi, karakter, dll. Favorit saya adalah buku little miss atau mr men. Buku ini menarik sekali looh.. isinya tentang berbagai karakter tokoh utama seperti little miss clumsy, little miss neat, dll. Buku ini onlinenya muahal banget. Saya nemu dengan susah payah di kios buku bekas blok m square.
  6. Buku tentang akhlak dan perilaku yang baik. Ini tentang sharing saat bermain supaya nggak rebutan sama temen.
  7. Buku tentang rutinitas seperti hari sudah malam, ayo kita bobo, jangan lupa sikat gigi dulu. Ini beli di kios buku bekas dan hard cover.img_20161031_205435.jpg
  8. What Makes it Rain? dari publisher usborne. Bukunya seru bisa dilipet2. Kshatriyan suka banget. Bacainnya sesuai usia ya teman-teman. Misalnya, “kalau hujan awannya gelap jadi warna abu-abu, burungnya tidak kelihatan ketutup awan. kasihan mama burung, dia nyariin anaknya. Kalau dibacain saklek kaya text bukunya kuatir dia belum ngerti.img_20161031_213905_674.jpg
  9. Sticker book. Ksatriyan belum bisa lepas stickernya. Jadi mamanya yang ngerjain. Cocok untuk perjalanan mudik atau dipesawat. Supaya si kecil tetap sibuk. Sticker book ini banyak banget di kios buku bekas.

Kenapa semua buku saya buku dalam bahasa inggris?, saya nggak bermaksud kebule-bulean…hanya saja buku terbitan luar lebih beragam topiknya dan lebih kreatif dalam hal konten dan ilustrasi. Namun saat membacakan cerita, saya mengutamakan menggunakan Bahasa Indonesia daripada bahasa inggris.

Sebenernya masih banyak buku yang mau saya review. Tapi mamanya Kshatriyan pegel ngetik dan entar jadi kepanjangan. Kapan-kapan saya buat jilid 2 ya.. Intinya adalah don’t waste too much money dengan membeli buku-buku mahal. Supaya nggak sakit hati kalau disobek.  Feel free to comment and share. Cheers!

Iklan

2 tanggapan untuk “Kshatriyan belajar dari buku bekas (Part 1): edisi edukasi dari rumah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s