Berkaca dan review diri sepanjang tahun 2016. 

Tidak terasa, tahun ini saya memasuki usia 30 tahun. I feel like talking to my self NO WAY.. I can’t be that old!!. Rasanya maunya umur berhenti di usia 20 something saja. 

Daripada menyesali umur yang semakin tua. Saya mau mereview apa yang sudah saya capai di usia 30 tahun ini dan apa yang belum berhasil saya rubah atau saya capai. Sekedar self review dan reminder untuk diri sendiri untuk jadi pribadi yang lebih baik. 

Tahun ini saya dan suami cukup sukses merintis usaha online shop kecil-kecilan. Tanpa disangka-sangka dengan modal cuma gambar dan pulsa kita berhasil mencapai omset lebih dari 80 juta kurang dari 1 tahun. Mungkin terkesan sombong. Tapi saya menulis ini untuk diri saya sendiri di masa depan bahwa I should be proud of my self and smile. Ini bukan sesuatu yang mudah saya capai. Ada hari-hari dimana saya sangat capek harus memainkan peran sebagai karyawan dan bekerja untuk diri sendiri. Dari segi keuangan, saya sudah mampu menyelesaikan hampir semua cicilan dan hutang.prok prok prok. 

Dari sisi parenting, anak saya sudah berhasil lepas pospak di usia 2 tahun. Ia juga sudah berhasil menghilangkan rasa takutnya untuk sekolah. Saya sangat bangga dengan pencapaian yang mungkin bagi orang lain bukan apa-apa.

Dari segi kesehatan, saya sudah mengurangi kebiasaan minum minuman botol yg manis-manis dan mengurangi konsumsi mie instan secara drastis. Mulai jarang masuk angin. Jeleknya saya sering batuk-batuk karena dingin dan masih malas olahraga. 

Namun, dari segi kedewasaan, saya masih melihat diri saya sebagai pribadi yang kekanak-kanakan dan negatif.  Saya masih tidak bisa mengendalikan amarah dan cenderung bicara tanpa memikirkan konsekuensi dari ucapan saya. I said bad things that hurt people and regret that. I still sometimes talk behind someone’s back. Saya masih suka berpikir negatif dan belum bisa sepenuhnya memahami orang lain dan situasi yang mereka hadapi. And I wish I already started cooking (hahaha..ini sih omdo doang deh kayaknya). 

Good thing is.. I HAVE A WONDERFUL SISTER. Ketika kita sedang sangat marah dan mulai berpikir negatif tentang orang lain, kita sering saling mengingatkan dan calm down. Kita juga sering sharing artikel psikologi dan quote yang bisa membuat diri kita memahami orang lain dan jauh dari pikiran negatif. I did not get mad when I found out that people attacked me on social media. Hahaha. Bodo amat lah. 

Bagaimana dengan anda? Sudah berkaca tentang diri sendiri setahun kemarin?. Wise man recognizes his own weaknesses and learns from it.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s