Aplikasi Android Wajib Punya Untuk Jualan Online

Halo semua

Maaf saya baru muncul ke permukaan setelah lama tenggelam dengan kesibukan sehari-hari. Eniwei saya habis berduka sebenarnya, I just lost my dad..tapi saya nggak akan curhat di sini, mungkin di postingan lain kali (hehehe).

Sekarang saya mau bahas soal aplikasi android yang membantu banget untuk para pedagang online seperti saya. Jaman sekarang jualan online itu gampang bangeet.. semua didukung sama kemajuan aplikasi mobile phone yang bikin kita bisa jualan tanpa meninggalkan kursi kantor (As you know, saya pedagang plus pekerja kantoran).

Aplikasi yang pertama menurut saya adalah aplikasi market place. Aplikasi market place atau lapak online seperti Tokopedia, Buka Lapak, Shopee, Elevania, dll ini wajib banget kamu punya ya.. Walaupun kamu bisa buka via desktop, tapi dengan mengunduh aplikasi ini, kamu bisa upload produk dan menjawab pertanyaan customer kamu kapan saja dan dimana saja. Saya sendiri sering banget mengupload produk saya saat sedang antri trans jakarta, di dalam kendaraan, dll. Selain itu, kalau kamu urgent mau narik dana yang lagi mendep di rekber nya para lapak online ini, kamu bakal bersyukur banget punya aplikasi versi mobile nya.

Saran saya, jangan unduh semua aplikasi kalau ponsel kamu nggak punya kapasitas penyimpanan yang besar, karena ini akan bikin ponsel kamu cepet lemot dan susah update kalau sudah kepenuhan. Pilih yang paling sering kamu gunakan saja.

Selanjutnya, kalau kamu sudah publikasi nomor ponsel kamu ke customer, kamu harus punya aplikasi chat. Nggak lucu kan kalau kamu jawab customer pake sms (hihihi). Saran saya adalah whatsapp dan Line. Whatsapp karena gampang dan gak pakai ribet. Kalau Line, karena kamu bisa memberikan akses chat ke customer tanpa memberikan nomor ponsel mu (bisa berupa link saja atau nama id). Memberikan link dan ID penting banget bagi kamu yang gak suka ditelpon sama customer dan lebih memilih komunikasi via chat. Karena saya sebel banget ditelpin customer malem-malem cuma untuk nanyain bantal sofa (yaelah ganggu banget). Aplikasi Line juga punya kelebihan, kamu bisa membuat grup reseller dan kamu bisa menguplod foto di grup via album (jadi foto produk bisa tertata baik dan bisa diberi pengelompokkan). Para anggota grup kamu bisa mengunduh gambar via line. Ini mempermudah kamu untuk memberi tahu mereka jika ada stok baru ataupun stok habis.

line

Buat kamu yang dagang di Facebook, ada pentingnya kamu juga punya aplikasi BBM, karena banyak pelanggan saya di FB yang rusuh nanyain BBM.  Biasanya ntah kenapa yang pakai customer dari luar Jakarta.

Selanjutnya yang nggak kalah penting kamu harus punya aplikasi sosmed. Saran saya adalah Instagram. Karena proses mencari followernya lebih mudah (bisa di outsource lagi) dan cara upload produknya sangat gampang!!.

 Untuk menampilkan produk yang baik, kamu butuh banget aplikasi untuk edit foto. Bukan untuk tipu-tipu warna ya..tapi untuk memberikan caption foto, menambah frame, membuat kolase, dll. Sampai sekarang, saya selalu setia sama Moldiv karena Moldiv memiliki semua fitur yang saya inginkan.

Lanjut, sebagai pedagang online kamu harus punya aplikasi buat ngecek ongkir punya saya namanya Resta. Kalau kamu lagi nggak sempet buka PC atau lagi di jalan, kamu bisa secara instan mengetahui ongkos kirim dan segera merespon pelanggan kamu dimana saja dan kapan saja. Cari aplikasi yang punya banyak opsi pengiriman (bukan satu ekspedisi aja).

Nggak kalah penting, kamu juga harus punya aplikasi ojek online. Ini bisa mendukung pengiriman barang atau pengambilan barang dari supplier kamu. Kalau kamu jualan di Tokopedia kaya saya, maka kamu pasti tau kalau ada promo ongkir 15,000 melalui gojek ke area jabodetabek. Cihuy kan??

Aplikasi yang must have juga (ini penting bangeeet) adalah Mobile Banking. Menurut saya kamu belum resmi jadi pedagang online kalau kamu nggak punya online banking. Aplikasi ini sangat menentukan kecepatan kamu dalam merespon pembeli. Jadi, begitu pembeli bilang dia sudah melakukan transfer, kamu bisa langsung cek keabsahannya. Kamu juga bisa melakukan transfer balik jika kamu memberlakukan cash back atau mengembalikan uang jika terjadi complain atau gagal kirim karena stok habis. Saran saya adalah BCA dan Mandiri yaa..karena mereka paling gampang digunakan, bukan berbasis sms banking (tapi internet), dan paling komplit fiturnya. Mereka juga bisa melacak 5 transaksi terakhir.

Kamu juga mungkin butuh aplikasi buat mencatat orderan dan pengeluaran kamu. Saya nggak bisa rekomendasikan, karena saya lebih suka pakai kalender (hihihihi). Kalau kamu punya saran, silahkan komen di bawah yaa..

Apalagi sih aplikasi yang sering kamu pakai buat berdagang online?, ikutan merapat dan share di sini yuuk.. Salam Wirausaha!

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s