15 Rekomendasi Main Dengan Toddler Tanpa Gadget

Saya bukan barisan anti-gadget garis keras, artinya..saya masih suka membiarkan anak saya nonton you tube dan lain-lain. Bagi saya, banyak konten you-tube yang cukup edukatif dan berguna banget jika saya benar-benar butuh waktu serius sebentar tanpa gangguan si kecil atau saat di perjalanan. Namun, saya tidak suka jika anak saya sampai merengek-rengek minta diputarkan you-tube atau seharian malas beraktivitas di luar rumah karena you-tube. Ini sih jatuhnya sudah addict dan tidak bisa ditoleransi.

Untuk menghindari screen time yang over dosis, saya mencoba mengeksplorasi jenis mainan yang saya belikan untuk si kecil. Anak saya penggemar berat mobil diecast dan seakan tidak akan bosan berapa pun banyaknya mobil-mobilan yang saya belikan untuknya. Namun, saya harus memberikan ia variasi mainan yang bisa membuatnya telaten, kemampuan motoriknya berkembang, imaginasinya bertambah, dan yang pasti bisa membuatnya tenang tanpa you tube.

Berikut adalah sederet mainan yang bisa dijadikan pengganti gadget:

  1. Main Masak-masakan

 

Anak laki-laki main masak-masakan? Emang boleh?.  Anak saya sudah main masak-masakan mungkin sejak dia bisa duduk (lupa sejak kapan). Saya memang membiarkan dia main dengan wajan, panci, teflon, spatula, dll. Tidak lupa saya ajari dia mengenai bumbu-bumbu seperti bawang merah, bawang putih, lada, tomat, cabai, nama-nama sayuran, kecap, garam, dll. Ia juga sudah memahami step memasak sederhana seperti memasukkan minyak, mengiris, mengoseng, dll. Untuk bagian mengiris, saya menggunakan pisau mainan dan play dough/lilin. Saya juga mengizinkan dia menuang dan mengaduk air dengan tetap mengawasinya sepanjang ia bermain supaya tidak terpeleset. Permainan masak-masakan ini ampuh membuat dia duduk untuk waktu yang cukup lama.

  1. Main Tukang Paket/Delivery Boy

Permainan ini tercipta karena saya punya online shop, otomatis si kecil sudah hapal dengan rutinitas packing dan pengiriman paket. Cara mainnya cukup gampang, cukup berikan si kecil mainan kecil untuk dibungkus, kotak sepatu, kertas koran, plastik keresek, double tape, dll. Lalu setelah mainan berhasil dibungkus, biarkan dia berpura-pura menjadi tukang paket dengan sepeda atau mobil-mobilannya.

  1. Main Tenda-tendaan

Ini mainan andalan saya di malam hari kalau saya sudah terlalu lelah untuk menemani dia lari-larian. Cukup sediakan karpet, tenda, bantal kecil, termos, tempat makan dan minum plastik, dan senter. Hehehehe… Bisa main kemping-kempingan, main tok-tok-tok (tamu-tamuan), dll.

 

  1. Mainan Kinetic Sand

Ini mainan yang biasa dimainkan saat waktu makan, supaya si kecil anteng. Pasir kinetik ini lembut banget, gampang dibentuk dan relatif mudah untuk dibersihkan. Siapkan alas koran dan baki/nampan dan wadah-wadah kosong supaya tidak berantakan. Untuk variasi, kita juga bisa menambahkan dump truck, traktor, excavator, dll untuk dimainkan di atas pasir.

  1. Lilin oh lilin/Modelling clay

 

Kalau anda punya budget berlebih, anda bisa mengandalkan play doh. Namun bagi saya, play doh terlalu mahal jadi saya lebih memilih lilin yang berbentuk kotak-kotak dan beraneka warna (harganya murah pastinya). Lilin macam ini bagi saya selain murah juga punya kelebihan lain dibanding fun doh yaitu tidak cepat kering. Lilin ini bisa kita bentuk jadi apa saja, be creative! Kalau perlu contek di internet.

  1. Main air

ini beberapa ide seru untuk main dengan media air:

  1. Magic baloon, coba cari di tokopedia, dll. Fotonya silahkan lihat di bawah. Cara mainnya, cukup masukkan selang air ke mulut balon yang terbuat dari plastik dan balon akan mengembang dan berisi air. Jika sudah cukup besar dan terisi banyak, balon bisa terlepas sendiri dari gagangnya. Balon air ini bisa pecah jika dibanting di lantai jadi seru bisa untuk perang balon.
  2. Water beads, saya rekomendasikan beli di tokopedia atau di tokomainanedukasi.com, harganya cuma 9,000/bungkus, cukup direndam semalaman, nanti gelembung-gelembungnya bisa dimainkan didalam air dan diremas-remas sampai pecah. Seru!!, kalau mau beli sekali banyak yaah..karena memang gampang pecah.
  3. Air+Glitter, tuang air ke dalam botol air mineral bekas, campur glitter, kocok!
  4. Tuang dan Saring, ini juga gampang banget tinggal sediakan banyak wadah botol bekas, gelas, mangkok, dan saringan minyak
  5. Cuci Piring, sediakan wadah makanan dan minuman plastik, spons, baskom berisi air, dan sabun anti pedih di mata.
  6. Cuci sepeda/ cuci mobil/cuci mainan
  7. Siram tanaman
  8. Lego. Lego itu banyak jenis dan macamnya. Make sure membeli lego yang sesuai dengan usia anak. Anak yang masih kecil, butuh lego yang ukuran perbuahnya agak besar dan gampang ditempelkan satu sama lain (dalam hal ini lego cina murah agak lebih cocok). Lego pipa juga bagus untuk variasi jika si kecil bosan dengan lego biasa. Lego tidak hanya berguna untuk main susun, pasang, bongkar saja..tapi bisa berguna untuk membuat trek terowongan saat main mobil-mobilan, membuat pagar/gerbang, dll.
  1. Menggambar, Melukis, dan mewarnai

Saya selalu menyediakan buku gambar besar  walaupun isinya coretan benang kusut semua. Hahaha.. pastikan kita punya art supply macam spidol, crayon, cat poster (cari yang murah). Biarkan dia mencoret sesuka hati. Sambil menggambar, anda juga bisa sambil bercerita supaya ia terhibur. Ide lain yang tidak kalah menarik adalah face painting dengan cat khusus wajah yang non-toxi

  1. Menggambar dengan kapur

Salah satu permainan favorit anak saya. Saya kasih dia kapur, supaya dia tidak mencoret-coret dinding dengan spidol. Biasanya dia nyoret-nyoret daun pintu pakai kapur. Jadi mudah dibersihkan. Anda bisa membelikan dia papan tulis kapur yang berbentuk stiker yang bisa ditempel di dinding. Jadi bisa bebas debu.

  1. Mainan Parkir-parkiran, nanti saya pos cara seru bikin mainan DIY parkir-parkiran ya..sementara saya mau kasih rekomendasi maianan ini:
  2. Boneka Tangan

Selalu membantu kalau saya benar-benar capek untuk mengajak dia bermain

  1. Mainan alat musik+dance

Biasanya saya nyalakan musik otomatis dari keyboard mainannya dan mengajak dia jenjingkrakan (Sekalian supaya mamanya kurus).

  1. Mainan memasang/menguntai manik-manik kalung

Yang ini wajib banget untuk didampingi ya..bagus untuk melatih kesabaran anak.

  1. Main Warung-warungan/Belanja-belanjaan

Sediakan mie instan, sabun batangan, makanan kaleng, botol sampo,dll. Ajak anak belanja menggunakan plastik kresek atau shopping trolley mainan.

  1. Main Sapu & ngepel

Biarkan dia belajar menyapu dan mengepel dengan tetap diawasi ya..si kecil pasti suka!

Ada ide lain? Sharing yuuk!

 

Iklan

5 tanggapan untuk “15 Rekomendasi Main Dengan Toddler Tanpa Gadget

  1. pertama kali mampir nih 🙂

    mada, anakku suka main air + magic sand + gambar + dancing2 sambil nyanyi

    iyyaa yutup masih ada faedahnya buat anak, yg penting dibatasin, gara2 yutup anakku bisa nyanyi nursery rhymes dan tertarik belajar bahasa inggris padahal selama ini aku dan pak suami sepakat gak ngajarin lagu2 barat ke mada, hanya lagu2 nasional

  2. banyak permainan dan mainan tentunya ybmna selain menstimulasi anak jg plusnya menghindari anak kecanduan nonton 👌aku belum berani beliin macam lilin n playdough hahaha takut mamaknya yang anteng 😂

  3. Setuju banget. Gadget boleh, tapi tetap dibatasi dan diawasi karena meski kartun, kadang hal2 yang seharusnya tidak dilihat anak malah muncul dalam bentuk kartun juga. Anakku sih udah besar, mbak, tapi tiap main sama ponakan, aku lebih senang mengajak mereka bermain secara real life, seperti yang mbak ulas contoh-contohnya dalan tulisan di sini. Dengan bermain yang sebenarnya, kreativitas anak jadi lebih terasah. Zaman milenial saat ini yang sangat dibutuhkan adalah sisi kreativitas kita kan, ya? Thanks banget sudah menuliskan hal ini ya. 😙

  4. Ide permainannya hampir semua pernah saya lakukan untuk Kalki dan Kavin. Tapi untuk kinetic sand, magic balloon dan water beads belum pernah coba. Suami saya malah mempersilahkan anak-anak untuk mencorat-coret dinding rumah sesukanya dengan crayon, ballpoint atau spidol 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s