Baby gift: after delivery

Siapa sih yang gak seneng dapet kado?. Gratisan lagi. Tapi ada baiknya sebelum kasih kado, kita benar2 mempertimbangkan kebutuhan si ibu dan bayinya. Teman kantor saya malah nanya dulu sebelum kasih kado. Saya justru seneng ditanyain supaya kado tsb benar2 bermanfaat dan gak dobel2 dapetnya. Setelah saya perhatikan, banyak kado yang saya terima jenisnya sama dan gak mungkin saya pakai semua. Mungkin bisa saya kasih buat kado lagi kali yaah..

Saya mau share kado-kado yang saya dapat dari sodara/tetangga. Bukan untuk pamer loh ya.. Tapi untuk masukkan aja bagi temen-temen yang berniat ngasih kado ke temen atau kerabat bahwa ternyata kado bayi paling pasaran dan paling banyak saya terima adalah:

1. Tas bayi
Di luar dugaan jumlahnya bersaing sama toiletris.. Saya dapet sekitar 5 buah tas bayi dengan model dan ukuran yang berbeda-beda. Terus terang saya gak pernah kepikiran ngasih kado temen saya tas bayi (karna kebanyakan udah pada beli). Tapi karna saya bukan fans tas bayi (lebih suka pake ransel), jadi kebetulan saya emang belum beli tas bayi sama sekali.

2. Toiletris set
Tau dong kalo yang ini berupa perlengkapan mandi dan perawatan kulit bayi yang dikemas dalam satu paket cantik. Saya dapet ini  4 paket. Harganya relatif murah dan bahkan bisa beli di alfamart. Positifnya kalau dapet dobel2 gak apa2.. Bisa distok.

3. Baby bather
Di luar dugaan, ada 3 orang yang kasih baby bather sama persis. Tau kan bentuknya kaya kursi rebah dari bahan jaring buat nidurin bayi pas mandi. Jadi gak perlu diangkat-angkat. Belum saya pake, saya mandiin bayi masih pake matras dialasin perlak untuk ngelap2 dan bak mandi buat bilas. Mungkin nanti nunggu kepalanya kerasan dikit.

4. Baju bayi
Baju rumah, jumpsuit carter, set pakaian sama topi dan sepatu bayi. Tapi ukuran besar semua.

5. Playmat
Ini dapet 1 dari temen kantor. Bisa dipakai untuk 6 bulan

6. Kaus kaki dan sepatu bayi
7. Bouncer, kursi main bayi yang bisa digoyang dan ada musiknya
8. Sterilizer botol bayi, alhamdulilah dapet 1
9. Breastpump, medela harmony ini nodong ke kakak..hehehehe
10. Kantung tidur bayi: bisa buat matras sekaligus selimut bayi, bentuknya kaya kantung.
11. Handuk: dapet 2 pc
12. Feeding set: dapet 2 paket
13. Popok pospak, ternyata ada loh yang kepikiran kasih kado popok pospak.

Sementara yang ada dalam wishlist saya tapi gak kesampean (hahaha..gak bersyukur) adalah sbb (things i really need):

1. Icebox/bag yang muat 4 botol buat nyimpen asip si kantor. Ini belum saya beli, nunggu pas mau masuk kantor aja.
2. Botol kaca asip (gak pasaran kayanya nih kado)
3. Nursing pillow
Ini baru saya beli setelah lahiran, karena ternyata perlu banget.
4. Clodi
Bakal surprise dan seneng banget kalo dikadoin ini.
5. Jumpsuit panjang, bukan yang pendek.
6. Dvd baby einstein atau education dvd buat bayi. So adorable.
7. Set botol susu, lucu kayaknya
Oh ya satu hal yang paling penting, kalau mau mengunjungi teman yang habis bersalin ada baiknya telpon dulu.karena pengalaman saya, awal pulang dari rs  itu melelahkan banget dan kurang tidur terus. Bener2 membantu kalo tamu yang datang bisa tlp dulu.

Jadi bagaimana, sudah tercerahkan mau kasih kado apa?.

My baby box!

Akhirnya baby box yang saya pesan sudah selesai dan sampai di rumah dengan selamat (walaupun agak telat). Saya bikin baby box ini di showroom kitchen set dekat rumah. Kenapa harus pesan? Karena saya mau baby box yang modelnya sesuai keinginan saya. Ini dia contohnya.

image

Waktu bilang mau bikin baby box, saya mendapat pertentangan dari mertua saya. Katanya sayang hanya kepakai sebentar saja. So, saya dan suami kasih tau kalau saya buat baby box demi keselamatan bayi saya. Pasalnya, kasur saya terlalu empuk, kalau saya bergerak bayi saya bisa terguling karena dia belum bisa menahan gerakan di sekelilingnya. Kedua, kita berdua termasuk agak kebo tidurnya, jadi takut menimpa bayi. Terbukti waktu baby box ini blm jadi dan saya terpaksa bobo sama si bayi di satu kasur, bapaknya berguling sesuka hati dan nyaris nimpa anak saya.

Terus si mertua bilang lagi, nanti kalau malam harus bangun untuk ambil bayi menyusui. That’s why saya bikin model yang co-sleeper atau sharing atau nempel sama kasur orangtuanya. Jadi ibu gak usah bangun untuk ambil bayinya saat mau menyusui.

Ketiga, saya buat model baby box yang fungsional, artinya, saat baby box tidak digunakan lagi, pagar disekeliling baby box bisa dicopot semuanya, alas kasur diangkat dan voila bisa jadi kabinet meja tv, atau dijadiin kursi. Saya juga menambahkan beberapa slot laci dengan variasi ukuran untuk menyimpan barang-barang si baby. Slot laci besar untuk stok pampers, bedong, handuk, selimut, dll. Slot kecil untuk baju siang hari. Di dekat kepala tempat tidur (tidak tampak di foto), juga ada slot laci untuk taro cadangan pampers, kapas cebok, bedak, minyak telon, dll. Untuk memudahkan saya ganti pampers di malam hari karena posisi dekat kepala tempat tidur saya sehingga mudah terjangkau. Laci bawahnya saya peruntukkan untuk baju malam hari (lengan panjang dan celana panjang).

Untuk membuat model baby box ini, saya cari inspirasi lewat pinterest. Kemudian saya modifikasi sesuai kebutuhan saya. Yang perlu dipastikan adalah tinggi baby box sama dengan kasur orang tua, kalau bisa tidak ada gap sedikitpun (punya saya ada gap sedikit, jd saya sumpel pake guling bayi). Keuntungan pake baby box model kaya gini, adalah bayi merasa tenang bisa tidur dekat orang tuanya.

Kalau ada yang mau ukuran dan design baby box ini (versi autocadnya), pls email me ya.. (asteria.raissya@gmail.com). I will be glad to share.

Review bersalin @rsb asih, pangpol.

Dear all, saya mau sharing pengalaman saya bersalin dan rawat inap di asih. Pada dasarnya kita yang berencana melahirkan normal tidak bisa book kamar lebih awal karena due date yang belum pasti tidak seperti pasien yang berencana sesar yang bisa memastikan tanggal persalinannya.

Suami saya disuruh urus book kamar inap setelah saya melakukan cek ctg dan sudah dipastikan bahwa kontraksi saya cukup teratur, sudah ada lendir darah, dan bukaan 1. Tapi ini mungkin berbeda untuk dokter lain, mungkin masih ada dokter yang menyuruh nunggu di rumah dulu. Anyway.. Saya book kamar vip medium. Jenis-jenis kamar di rumah sakit ini bisa dilihat di website asih ya..

Frequently asked question mungkin mecakup hal-hal sbb:

1. Apa kamar di rs ini cukup nyaman?
Nyaman atau tidak sebenarnya sangat subjektif ya. Menurut saya luas kamar agak terlalu sempit untuk ukuran kelas vip. Fasilitas yang disediakan cuma kasur pasien, sofa, matras lipat, tv, lemari, kulkas, dan kamar mandi dalam. Sofa yang disediakan adalah sofa 2 seat, jadi agak nggak nyaman kalau dipakai tidur semalaman. Ruangan cukup bersih, tapi interior kaya laci, meja, lemari sudah ketinggalan jaman dan seharusnya diperbarui. Setiap hari ada petugas yang bersihin kamar, ganti seprai dan bersihin kamar mandi.Kamar mandi cukup bersih. Kita juga diberi toiletries seadanya, sabun ukuran hotel, pasta gigi, dan sikat gigi. Karena halaman depannya taman, kalau sore hari kamar cenderung banyak nyamuk.

2. Fasilitas apa saja yang kita dapat selama menjadi pasien di rs ini?
Baju pasien, baju bayi selama menginap di rs, pampers bayi, pembalut ibu, makan 3 kali sehari, dan saat pulang mendapat goody bag. Tapi yang perlu menjadi catatan adalah semua yang kita pakai pada akhirnya akan muncul di bill pembayaran kaya maternity pad, waslap, kapas bulat buat cebok bayi (buat yang room in sama bayinya), pampers bayi, bahkan sarung tangan karet yang dipakai pas cek bukaan itu bakal diitung sebagai cost juga.  oh ya, goody bag yang isinya termometer, soft cup feeder, buku bayi, dll itu juga bayar nggak gratis. Pasien juga akan mendapat dokter visit dari ahku gizi, laktasi, dan dokter anak. Oh ya, sebelum pulang juga dapet latihan senam nifas dan cara memandikan bayi.

3. Berapa persen penambahan total biaya diluar yg dicantumkan di website? Tergantung tindakan yg Diberikan, makin banyak tindakan, obat, dll maka makin banyak penambahan biayanya. Karena saya tidak diinduksi, penambahan biaya sekitar 1-2 juta. Ingat, harga yang tertera di web bukan harga paket, kalau kita diijinkan pulang oleh dokter dan pulang lbh awal maka bisa lebih murah begitu pula sebaliknya. Penambahan hari inap sama dengan penambahan biaya.

4. Apa rumah sakit ini pro imd?
Jawabannya bisa ya dan tidak tergantung dari ketegasan pasien, kondisi pasien setelah persalinan, kondisi bayi, dan dokter serta bidan atau suster yang terlibat. Saya diberikan kesempatan imd, tapi tidak lama, tidak sampai sejam dan bayi tidak sempat mencapai puting. Saya sendiri juga sudah antara sadar dan tidak sadar setelah persalinan karena keletihan dan kehilangan banyak darah. Kalau kondisi pasien dan bayi memungkinkan, ada baiknya bilang dgn tegas kalau kita masih mau imd.

5. Siapa saja yang boleh menemani selama proses persalinan?
Hanya satu orang. Biasanya suami.

6. Apa boleh room in?
Boleh. Tapi tetap kena biaya ruang bayi. Bayi baru boleh room in setelah 6 jam atau hari ke-2 biasanya. Waktu mandi dimandikan atau akan diobservasi sama dokter anak, bayi akan diambil ke ruang bayi dan diantar kembali untuk room in setelahnya.

7. Apa rumah sakit ini pro asi?
Mudah-mudahan sih begitu, hehehehe tapi ketika anak ada di kamar bayi dan menangis, biasanya ibu diminta ke kamar bayi untuk menyusui. Jadi mudah-mudahan pro asi. Pasien jg tidak mendapat oleh-oleh sufor. Selain itu pasien jg mendapat visit dari konselor laktasi, dan mendapat bimbingan massage payudara, posisi menyusui yg baik, dll. Oh ya,saya suka bgt sama kons. Laktasi dr. Ameta yang open bgt sama pasiennya, dia minta kita catat no telpnya dan kita boleh telepon atau sms dia kapan aja jika ada pertanyaan yang berkaitan dengan menyusui.

8. Susternya jutek2 nggak?
Jawaban standar, ada yg baik dan ramah ada juga yang agak jutek.

9. Makanannya enak gak?
Kebanyakan rasanya standar rumah sakit (kurang garam), tapi makan siangnya lumayan enak. Pilihan lauknya beragam sampai bingung mau makan yang mana.

10. Asuransi?
Kemarin saya gesek pakai kartu sinar mas dari kantor saya, sisanya saya gesek credit card dan reimburse kantor suami. Yeaaay!

11. Sama dokter siapa saat bersalin?
Dokter hasrul biran. Tidak seperti cerita seram orang-orang dimana dokter baru datang di detik detik terakhir, dokter saya sangat siaga dan standby dari siang (padahal saya melahirkan jam 9 malem). Dan dia rutin mengecek keadaan saya dan juga memberi support. Benar-benar puas sama dokter yang satu ini.

12. After servicenya??
Tidak ada kunjungan rs setelah pasien pulang ke rumah. Beberapa perawat menawarkan jasa mandiin bayi sampai puput pusar (100rbu per kedatangan). Tapi percayalah mandiin bayi dan merawat tali pusar tidak seseram yang dibayangkan.

Oke, kira-kira itu review singkat saya ttg rsb asih. Please don’t hestitate to contact me asteria.raissya@gmail.com if you have further question ttg pengalaman bersalin di rsb ini. Glad to share mommy, good luck for the d-day!

Melahirkan itu memang luar biasa..

Dear all,
Tanpa bermaksud menakut-nakuti, saya berusaha menceritakan the truth of labor pain during natural birth. Karena banyak banget versi cerita sakit persalinan yang ditegar2kan.. Contohnya pas dijahit vaginanya gak sakit karna udah seneng liat anaknya. Bagi saya itu bohong banget. Yah..saya gak nuduh semua orang yang bilang gitu bohong sih, karena setiap orang mungkin merasakan hal yang berbeda. Tapi sebagai catatan, saya termasuk orang yang suka menahan rasa sakit (bukan tipe yang dikit2 sakit bilang “au”). Oke.. Here’s the story.
Kontraksi pertama
Sejak senin sore, saya sudah merasakan mulas dan kontraksi ringan. Perut mengeras dengan frekuensi yang belum teratur. Setelah azan maghrib, rasa sakit mulai semakin menguat dengan frekuensi 3-4 menit sekali. Saya mulai rajin ambil nafas dan buang nafas. Karena saya tau perjalanan masih sangat panjang, saya memutuskan menahan rasa sakit sepanjang tidur malam dengan meditasi dan relaksasi. Suami saya masuh tidur pulas, saya gak tega bangunin.
Lendir darah
Selasa pagi kontraksi masih berlangsung, kontraksi belum teratur 3-6 menit sekali. Saya berjalan keliling rumah sambil sesekali menahan nyeri kontraksi. Sudah sakit sekali rasanya. Jam 7 pagi, saya mendapati lendir darah di underwear. Langsung saya telpon dokter kandungan saya, beliau suruh saya cek ke ugd. Saya dan suami langsung jalan ke rs.
Bukaan satu
Sampai ugd, saya di ctg dan periksa dalam. Kontraksi di ctg mulai teratur, tapi baru bukaan satu. Oh no.. Masih lama kayaknya.. Dengan baiknya si dokter sudah standby dari pagi loh.
Bukaan satu longgar
Jam 12 siang saya dicek dalam lagi. Ternyata baru bukaan satu longgar. Bahkan belum bukaan dua. Saya jalan mondar mandir keliling rs supaya meningkatkan frekuensi kontraksi.
Bukaan 5-6
Nyeri kontraksi makin hebat. Saya mulai nungging-nungging menahan nyeri kontraksi. Metode tarik nafas buang nafas kok makin gak efektif yaah.. Saya memilih nyanyi2 sepanjang kontraksi datang. Ternyata menyanyi saat kontraksi saya rasakan lebih efektif. Si dokter tadinya sudah mau pulang dulu karena meliat saya masih anteng (padahal saya mati-matian menahan sakit). Saat cek dalam menjelang magrib, ternyata saya sudah bukaan 5-6. Si dokter gak jadi pulang.
Bukaan tujuh
Sudah mulai gak bisa ketawa. Nyeri kontraksi masih juga belum datang teratur. Si dokter bilang kalau belum teratur juga bisa diinduksi. Tapi saat dicek sudah bukaan 7. Saya bertahan mau melahirkan tanpa induksi. Saya sudah disuruh pindah ke ruang bersalin.
Bukaan sembilan dan akhirnya… Melahirkan
Setelah bukaan 7, nyeri kontraksi sudah tidak bisa ditahan lagi sakitnya. Rasanya seperti ada yang mendorong keluar dari vagina. Saat bukaan 9 saya ngeyel ngeden walaupun gak boleh, karena rasanya cuma itu satu-satunya cara mengurangi rasa sakit. Ketuban akhirnya pecah, bukaan telah lengkap. Baru si dokter masuk ruangan. Saya mencoba mengingat teknik mengejan seperti diajarkan di senam hamil. Setelah 2 kali mengejan, dokter sempat menggunting vagina, karena takut saya kehabisan tenaga. Saat kepala bayi keluar saya masih mengejan sehingga vagina robek cukup banyak dan saya mengeluarkan cukup banyak darah. Dokter berteriak “udah, jangan ngeden lagi udah keluar”.
Here the baby comes..
Saya melihatnya pertama kali keluar dan diangkat oleh dokter. Perasaan saya campur aduk. Antara bahagia dan setengah tidak sadar karena kehilangan banyak darah. Bayinya sempurna di mata saya terlihat luar biasa indah dan matanya mirip mata saya. Saya cuma bisa tersenyum lemah dan bilang “halo sayang, ini mama nak” saat bayi diletakkan di dada saya. IMD tidak berlangsung terlalu lama, mungkin karena kondisi saya yang sudah sangat letih dan nyaris tidak sadar. Alhamdulillah yang penting dapet kontak skin to skin walaupun bayi tidak sampai ke puting. Selamat datang di dunia, nak. Mama dan papa sayang kamu.
image

Balada menunggu due date.

Saya rasa semua ibu-ibu yang sedang berada di periode hpl (hari perkiraan lahir) pasti mengerti perasaan saya. Perasaan cemas, tidak sabar, takut, semua campur aduk jadi satu. Apalagi yang sudah ambil cuti kantor dan termenung di rumah menunggu suami pulang.

Baju-baju bayi sudah dicuci dan terlipat rapih, tas emergency untuk bersalin sudah seakan-akan berteriak “take me, take me to the hospital”, orang tua dan mertua sudah tak berhenti-berhenti bertanya “sudah mules2 atau kontraksi belum?”. Tapi bayi saya berkata lain, dia masih betah di dalam perut saya.

Saya jadi merasa bersalah karna diam-diam stres dan tidak sabar juga menunggu anak saya lahir. Hey, you are supposed to enjoy this moment!. Mungkin ini saat-saat terakhir saya bisa nyantai nonton tayangan tv kabel tanpa gangguan seharian, main games dan browsing-browsing sepuasnya, tidur siang suka-suka. Let the baby decides the big day, hei you mommy soon to be.

Perut ini sudah sering kontraksi palsu, mules-mules, sampai nyeri yang buat susah tidur (tapi dengan frekuensi yang belum bisa dikatakan teratur). Saya juga sudah rutin melakukan aktivitas jongkok-berdiri seperti yang diajarkan di senam hamil. Meditasi hypnobirth juga saya lakukan di siang hari saat si mbak sudah pulang.

Obat pemancing kontraksi…oh doesn’t work like my doctor expects. Gak ada pengaruhnya!. Hari pertama memberikan sensasi kontraksi ringan-lumayan berat namun dengan frekuensi yang belum teratur. Hari ke-2, hmmmm.. Gak ngaruh sama sekali. Intinya, jika bayi belum mau lahir, ya belum akan lahir. Just wait and relax, no more intervention.

Telpon dari kantor masih sesekali mengganggu kehidupan cuti saya yang damai. Saya respon kalau saya lagi mood aja (hehehehe). Bolak balik saya buka kulkas, liat apalagi yang bisa dimakan (duh gak bagus buat berat badan bayi nih..nanti kegedean).

Saya pengen banget melahirkan dengan cara normal. Setiap lihat vidio orang yang berhasil lahir dengan teknik hypnobirth selalu membuat saya iri. Saya pengen banget melahirkan bayi saya dengan cara yang indah, tenang, sakral bukan dengan rambut acak-acakan, teriak-teriak sambil cakar2 atau jambak rambut suami. Saya belai perut perlahan-lahan dan bilang “bantu mama ya sayang, supaya persalinan kamu nanti lancar”. Kadang-kadang saya bilang ke bayi saya “papanya udah gak sabar tuh pengen ketemu kamu”.

Anyway.. Saya berusaha berkreasi dan memanfaatkan waktu luang saya untuk hal yang bermanfaat seperti baca buku dan mencoba jualan kecil-kecilan. Blogging is also great time killer. Saya juga mendownload beberapa relaxation music untuk latihan nafas hypnobirth untuk persalinan nanti. Untuk buku-buku hypnobirth saya baca versi lanny kuswandi dan bidan yessie aprilia yang berjudul gentle birth. Buku-buku lain yang saya baca adalah buku parenting yang saya beli dari toko buku bekas.

Wish list.. Ada yang buat list kado untuk teman dan saudara?. Agak nggak lazim sih, meminta item khusus sebagai kado. Tapi, kalo kadonya nanti dobel2 kan sayang yaaah..jadi wish list saya berlakukan khusus untuk yang nanya mau dikadoin apa aja. Buat yang gak nanya, yah saya gak berani kasih wish listnya.. Contohnya kakak saya yg udah bawel nanya mau dikadoin apa, jadi saya request breastpump yang bagus sekalian. Hehehehe.

Belanja bulanan sudah saya lakukan. Saya nyetok beberapa makanan beku yang gampang digoreng sebentar untuk sarapan pasca kelahiran si bayi. Orang tua dan mertua sudah saya bawelin “pokoknya datengnya ntar2 aja detik2 persalinan dan gak usah rempot bawa ini itu”. Masalahnya saya takut kehadiran ortu malah buat stres dan saya gak bisa meditasi selama fase kontraksi.

Mertua sudah dateng bawa ini itu: air zam-zam dan kain buat bersalin. Padahal kain itu udah gak perlu lagi, karna rumah sakit udah nyediain baju khusus untuk bersalin. Namun, demi.kesopanan saya terima dengan ucapan terima kasih disertai senyum pepsoden.
Gorden udah dicuci, kamar udah steril untuk berbagi dengan si baby boy. Saya jadi makin gak sabar. Kapan kamu keluar naaaaak?.

Kelas asi AIMI @ Cikal

Sebenernya udah lama ikut kelas ASI ini, tapi baru sempet tulis posnya sekarang. Waktu lihat post tentang kelas asi ini, saya langsung semangat 45 mendaftarkan diri saya dan suami. Sebenernya mau ajak ibu mertua juga, tapi sayang beliau tidak bisa ikut.

Kelas ASI yang kali ini saya ikuti diselenggarakan oleh AIMI (Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia). One of the best kuliah ASI yang pernah saya ikuti kelas diadakan di sekolah CIKAL di daerah cilandak-tb simatupang. Ada beberapa pilihan kelas yang diadakan di waktu yang berbeda, yaitu: kelas pre natal, post natal, dan tantangan menyusui. Berhubung kelas post natal dan tantangan menyusui jadwalnya mepet banget sama due date, jadilah saya mendaftar untuk kelas pre natal saja.

Di kelas pre natal ini, kita diberi penjelasan yg luar biasa detail tentang manfaat ASI, kandungan asi, pentingnya IMD, teknik dan posisi menyusui, bahaya susu formula, dll. Bagi yang minat dengan materinya, boleh email saya ke asteria.raissya@gmail.com

Pembicaranya sangat kompeten dan persuasif sekali. Kita juga diberi pencerahan mengenai mitos2 ASI yang tidak benar dan merajalela. Saya langsung nyesel karna mertua saya tidak bisa ikut. Padahal ada peserta yg bawa ibunya. Kuliah ini membuat semangat untuk memberikan asi eksklusif pun semakin membara. Peserta mendapatkan goody bag dengan bonus botol asip kaca (love it). I really recommend you join this class.. Untuk kelas post natal, akan ada pembahasan mengenai manajemen asi untuk ibu bekerja dan cara memerah asi. Gak sabar rasanya pengen ikut. Have a nice weekend guys..

Cek panggul

Saat usia kandungan 37 minggu, dokter kandungan saya menyuruh saya untuk periksa panggul. Gleg!. Saya sudah sering baca mengenai cek panggul yang kabarnya sakit bgt ini. Dengan santainya dia bilang, “pertemuan berikutnya cek panggul yah”.

Terus terang, saya bukan tipe orang yang penakut-penakut banget sama yang namanya rasa sakit kaya disuntik, cabut gigi, dll. Tapi yang saya cemaskan sama sekali bukan rasa sakitnya, melainkan kecanggungan yang luar biasa saat miss v kita bakal diekspose dan dimasukkan jari sama dokter apalagi dokternya laki-laki.

Persiapan saya cuma shaving aja. Dengan agak deg-degan dan cemas pada minggu ke 38 saya menjalani cek panggul ini. Tirai ditutup, dokter dan suami ada di luar tirai. Suster dengan tanpa ekspresi berkata “buka celananya semuanya, yah”. Tanpa belas kasihan. Saya nurut. Saya duduk di kursi yang ada senderan kaki buat ngangkang itu loh… Dan si dokter masuk. Can’t u believe sempet2nya dia komen soal keputihan. Akhirnya..masuklah si jari itu ke miss v saya. Rasanya memang tidak nyaman, tapi rasanya tidak sesakit yang saya bayangkan. “gak sakit kan?” kata si dokter.

Berdasarkan cek panggul, diketahui bahwa ukuran panggul saya agak luas dan mudah2an dgn berat sekitar 3 kiloan, anak bayi ini bisa lahir. Fuuuuh.. Lega dengernya. Cek panggul ini sebenernya cukup penting loh, untuk memastikan bahwa anak kita bisa melewati lubang panggul dengan selamat. Selain itu, setelah cek panggul si dokter bisa tahu kalau jalan lahir saya sudah matang namun belum ada bukaan. Untuk ibu2 yang mau lahir normal, siap2 aja..karena selama kontraksi nanti, cek kaya gini akan dilakukan beberapa kali untuk mengecek lebar bukaan. Bagi saya.. Pengalaman barusan itu what a day banget deh..